patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Pengertian Wireless Pada Jaringan Komputer

Pengertian Wireless Pada Jaringan Komputer ~ Saat ini penggunaan wireless sudah sangat populer, hal ini tentu saja karena teknologi wireless memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan teknologi sebelumnya yang menggunakan jaringan kabel.

Wireless-Teknlogi

Wireless merupakan jaringan komputer yang menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lalu lintas datanya.

Sama halnya dengan jaringan LAN, wireless juga berfungsi untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya pada sebuah jaringan.

Yang membedakan diantara keduanya adalah media jalur lalu lintas data yang digunakan, jadi jika jaringan LAN masih menggunakan kabel untuk saling terhubung, maka wireless menggunakan media gelmbang radio/udara.

Dengan demikian bisa kita lihat pada jaringan wireless penggunaan kabel sudah dihilangkan atau tidak digunakan lagi, sehingga wireless terlihat lebih praktis.

Penerapan aplikasi wireless netwok ini antara lain adalah jaringan nirkabel perusahaan atau mobile communication seperti handphone dan HT.

Dalam pengertian lainnya wireless dapat dikatakan adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.

Terdapat tiga varian terhadap standard tersebut yaitu 802.11b atau dikenal dengan WIFI (Wireless Fidelity), 802.11a (WIFI5), dan 802.11.

Ketiga standard tersebut biasa di singkat 802.11a/b/g. Versi wireless LAN 802.11b memilik kemampuan transfer data kecepatan tinggi hingga 11Mbps pada band frekuensi 2,4 Ghz. Versi berikutnya 802.11a, untuk transfer data kecepatan tinggi hingga 54 Mbps pada frekuensi 5 Ghz. Sedangkan 802.11g berkecepatan 54 Mbps dengan frekuensi 2,4 Ghz.

Wireless LAN

Seperti disebutkan diatas Wireless LAN pada dasarnya sama dengan jaringan LAN yang sering kita gunkan, yang membedakan keduanya adalah media tranmisi yang digunakan.

Pada jaringan wireless, untuk menghubungkan antara node device antar client menggunakan media wireless, chanel frekuensi serta SSID yang unik untuk menunjukkan identitas dari wireless device.

Komponen Wireless LAN

Untuk dapat bekerja pada jaringan maka ada beberapa komponen utama wireless yang harus digunakan antara lain adalah:

1# Access Point

Access Point akan menjadi sentral komunikasi antara PC ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringan yang dikempangkan milik sebuah korporasi pribadi.

Access Point ini berfungsi sebagai konverter sinyal radio yang dikirimkan menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui perangkat WLAN lainnya untuk kemudian akan dikonversikan kembali menjadi sinyal radio oleh receiver.

2# Wireless LAN Interface

Alat ini biasanya merupakan alat tambahan yang dipasangkan pada PC atau Laptop. Namun pada beberapa produk laptop tertentu, interface ini biasanya sudah dipasangkan pada saat pembeliannya.

Namun interface ini pula bisa diperjual belikan secara bebas dipasaran dengan harga yang beragam. Disebut juga sebagai Wireless LAN Adaptor USB.

3# Mobile/Desktop PC

Perangkat akses untuk pengguna (user) yang harus sudah terpasang media Wireless LAN interface baik dalam bentuk PCI maupun USB.

4# Antena External,

Digunakan untuk memperkuat daya pancar. Antena ini bisa dirakit sendiri oleh client (user), misal : antena kaleng.

Hal-Hal Yang Menjadi Perhatian Pada Jaringan WLAN

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun WLAN, sebagai berikut:

1# Sistem Keamanan

Sistem keamanan ini begitu penting dalam sebuah jaringan WLAN. Sebab WLAN merupakan sebuah jaringan yang rentan terhadap serangan dari luar karena komunikasinya menggunakan sinyal radio/gelombang yang bisa ditangkap oleh client sepanjang sinyal wireless tersebut dapat ditangkap oleh komputer client.

Sistem keamanan ini penting karena jalur komunikasi data bisa saja berisi data-data rahasia dan penting, sehingga orang tidak bisa masuk kecuali melalui ijin akses yang telah distandarkan.

Untuk mengatasi masalah keamanan pada jaringan WLAN anda bias saja membuat sebuah komputer proxy yang berfungsi sebagai gateway dengan memanfaatkan beberapa aplikasi seperti zeroshell sehingga setiap client yang akan melakukan komunikasi dengan komputer lainnya akan terlebih dahulu di autentikasi.

2# Koneksi yang akan dikembangkan

Meskipun secara umum, akses point mampu menampung hingga ratusan klien dibawahnya, akan tetapi secara prosedur, para vendor penyedia piranti akses point merekomendasikan belasan hingga 40-an client yang boleh terhubung dalam sebuah layanan WLAN. Hal ini berpengaruh pada tingkat kecepatan dan pembagian hak akses pada jaringan yang tersedia.

Demikian artikel Pengertian Wireless Pada Jaringan Komputer terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.

Baca juga artikel Bagaimana Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Dengan Mudah

Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. Thanks Infonya Min .. Kalo ada waktu mampir yaa..

    artikeljaringancomputer.weebly.com
    artikeljaringancomputer.wordpress.com
    artikeljarkomhan.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015