patartambunan.com                                          

Loading...

Apa Perbedaan Dual Core dengan Core 2 Duo

Loading...

Apa Perbedaan Dual Core dengan Core 2 Duo ~ Seiring dengan perkembangan perangkat keras komputer yang selalu upgrade dan salah satu diantaranya yaitu processor merupakan satu alat yang vital dan sangat berperan penting pada perangkat keras komputer. 

Tak heran bila anda hendak membeli sebuah komputer desktop ataupun laptop dan gadeget lainnya hal pertama yang dilihat dan selalu ditantanyakan adalah processor.

Pocessor seakan-akan sebagai prioritas utama untuk harga dari sebuah komputer, semakin canggih processor yang digunkan tentu saja komputer tersebut semakin baik dan semakin mahal.

Berbicara tentang processor rupanya banyak juga diantara kita yang kurang mengetahui apa itu processor dan apa perbedaan diantara processor tersebut, maklum saja semakin hari jenis processor yang keluar di pasaran juga semakin banyak dan semakin canggih.

Untuk kali ini kita akan membahas perbedaan processor dual core dan core 2 duo, meskipun processor yang lebih tinggi sudah tersedia tapi untuk saat ini pemakaian dual core dan core 2 duo masih banyak digunakan selain harganya yang cukup ekonomis processor dual core dan core 2 duo juga sangat cocok digunakan oleh pemula atau entry level.

Apa Perbedaan Dual Core dengan Core 2 Duo

Apa itu processor

Processor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak pada sebuah komputer. Processor inilah yang bertugas untuk mengeksekusi sebuah perintah, jadi semakin cepat sebuah processor maka akan semakin cepat juga kinerja sebuh computer.

Apa yang dimaksud dengan core

Core merupakan inti atau otak processor, sebutan core merupakan sebuah merek atau produk yang diberikan oleh intel sebagai pembuat processor tersebut sedangkan dual artinya adalah dua, jadi jika dikatakan processor dual core maka processor tersebut menggunakan dua inti dalam satu chip.

Apa Perbedaan Dual Core Dan Core 2 Duo

Dual Core

Dual core merupakan generasi pertama dari processor intel dengan arsitektur core. Teknologi terbaru dari perkembangan arsitektur procesor ini adalah menanamkan 2 inti kedalam 1 CPU, atau bahasa umumnya menanamkan 2 mesin kedalam 1 keping CPU.

Perkembangan awal teknologi ini yaitu ketika menculnya PENTIUM D, yang merupakan keluaran awal dari processor dengan 2 buah inti.

Sebenarnya processor jenis ini masih disebut dengan istilah “PENTIUM” karena memang generasinya masih dari perkembangan lanjutan generasi INTEL PENTIUM.

Produksi processor ini masih menggunakan teknology “NETBURST”. Jadi PENTIUM D adalah CPU PENTIUM yang memiliki 2 buah inti kelas PENTIUM yang di produksi dengan teknology 90nm.

Kelemahan Jenis Pentium D ini adalah inti kedua tidak maksimal di gunakan, dan tidak ada pengecekan suhu pada inti kedua.

Berikut ini beberapa kelebihan Dual Core.

 1# Harga yang cukup murah dan memiliki performa yang masih cukup kencang namun masih di bawah performa core 2 duo.

2# Mudah untuk di overlock.

Kelemahan atau kekurangan Dual Core.

1# Masih menggunakan arsitektur netburst dan dikenal boros daya, panas, dan kurang efisien.

2# Performa yang tidak terlalu cepat , sehingga kurang bagus untuk pekerjaan multitasking. 

Core 2 Duo

Processor Core 2 Duo merupakan generasi kedua dari arsitektur core, memiliki kecepatan latency yang lebih kecil membuatnya lebih cepat dibanding pendahulunya.

Pocessor Core 2 Duo memiliki memori chace yang dipasang pada setiap core, tetapi terhubung satu sama lain secara paralel. Core 2 Duo diproduksi dengan fabrikasi 65 nm, sehingga ada versi yang memiliki 4 core didalamnya atau biasa disebut denang quad core.

Kelebihan Processor Core 2 Duo

1# Sangat mudah di overloock dan mempunyai chace yang cukup besar yaitu 4 Mb.

2# Mempunyai Clock Speed 1,8 GHz up sampai 3 GHz.

3# Ringan dan tentunya performa lebih cepat.

Kelemahaan Processor Core 2 Duo

Core 2 Duo membuutuhkan operating system yang mampu mengoptimalkan kerjanya. Setidaknya kemampuan operating system untuk mengoptimalkan SMP (symmetric multi-processing). Selain itu, dibutuhkan juga aplikasi yang sudah mendukung pengoptimalan prosesor ini.

Demikianlah perbedaan Dual Core dengan Core 2 Duo yang rasanya perlu untuk kita ketahui agar kita semakin bijak untuk memilih dan menggunakan teknologi yang tepat untuk kebutuhan kita.

Sekian artikel Apa Perbedaan Dual Core dengan Core 2 Duo terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Loading...
Share This -->

6 Comments

Add a Comment
  1. Sedikit meralat gan. Untuk artikelnya mohon di edit. Itu Pentium D(dual) adalah generasi pertama Intel dgn 2 core. Lalu gen k 2nya adalah Intel Pentium Dual core E series itu berbeda arsitektur dengan pentium D sdngkn di artikel anda itu sama.. Pentium D mengunakan 90nm sdngkn dual core e series menggunakan 65nm

    Core 2 duo itu gen ke3 dual core. Dengan teknologi 45NM bukan 65NM.

    Gen ke 3 nya Core I3 dan core I5 sma” dual core tp core i5 ada versi 4 corenya.

    1. tested@ oke gan, terimakasih untuk masukannya..

  2. pak untuk spesifikasi yang lengkap memilih perangkat komputer dual core apa saja VGA, processor, HDD-nya untuk perkantoran gereja, terimakasih

    1. atcoo@ pilih sfek sesuai kebutuhan komputer itu sendiri pada saat digunakan saja pak. misalnya jika hanya digunakan untuk urusan administarasi saja..agar lebih cepat dan enak digunakan..barnag kali core i3 dan RAM 4gb..sudah sangat bagus, dan harganya juga saya kira masih bersahabat. semoag membantu. Terimakasih.

  3. saya mau memesan komputer tapi pilihan spesifikasi yang saya buat belum lengkap mohon bantuannya pak, terimakasih.

    1. atcoo@ pesan sesuai kebutuhan saja pak.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015