patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Apa Perbedaan Hacker Dan Cracker Komputer

Apa Perbedaan Hacker Dan Cracker Komputer ~ Mendengar kata hacker dan cracker dalam bidang komputer sudah seringkali kita dengar, bukan saja pada mereka pegiat ilmu komputer, pada masyarakat umum sekalipun sebutan hacker dan cracker tersebut sudah sangat dikenal.

Apa Perbedaan Hacker Dan Cracker Komputer

Namun dibalik familiarnya istilah hacker dan cracker tersebut kita dengar, ternyata banyak orang memahami kedua kata tersebut dengan salah, ya mereka memandang dan mengartikan kedua kata tersebut dengan salah dan terbalik.

Bagi masyarakat awam kata hacker seringkali dianggap bermakna negatif atau berkonotasi jahat, dengan menganggap bahwa hacker adalah orang yang melakukan tindakan kejahatan dalam komputer dan jaringan komputer, hacker dianggap sebagai peretas, pencuri data, perusak komputer, pembobol komputer tanpa otoritas, penyusup dan sebagainya.

Dalam ilmu komputer tentu saja anggapan itu salah arti dan menyimpang dari makna yang sebenarnya, sebaliknya crackerlah yang memiliki sifat yang destruktif atau merusak sedangkan hacker adalah sebutan untuk mereka yang mempunyai keahlian tinggi dalam ilmu komputer dan memanfaatkan keahlinnya untuk yang bersifat positif dan memberikan manfaat dan membantu perkembangan ilmu komputer.

Berikut ini akan dijelaskan pengertian dari kedua istilah tersebut secara singkat.

Pengertian Hacker

Hacker merupakan sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.

Hacker juga dapat di kategorikan sebagai perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu sistim dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistim yang di temukannya, sehingga akan mencegah terjadinnya tindakan kejahatan yang biasanya dilakukan oleh sekelompok cracker atau orang yang ingin melakukan tindakan destruktif atau merusak.

Pengertian Cracker

Sebaliknya cracker merupakan sebutan untuk orang yang mencari kelemahan sistim dan memanfaatkan celah atau kelemahan tersebut untuk dapat masuk dan menyusup sehingga pencurian data, mengubah, menghapus, membuat data korup, mengahancurkan data dapat mereka lakukan dengan mudah.

Kesimpulannya adalah bahwa hacker dan cracker adalah mereka yang sama-sama memiliki keahlian tinggi dalam ilmu komputer yang pada umumnya sangat memahami algoritma dan pemrogaman komputer serta memahami keamanan jaringan komputer, disatu sisi hacker memanfaatkan keahlian tersebut pada kegitan yang bersifat membantu dan mengembangkan ilmu komputer sebaliknya cracker melakukan tindakan terbalik yang bersifat merusak atau destruktif.

Berikut sedikit perbedaan antara Hacker dan Cracker

Hacker

1# Mempunyai kemampuan untuk menganalisa kelemahan suatu sistem seperti sebuah situs website di jaringan internet, dia mampu menganalisa sistim yang dijalankan di website tersebut mulai daris sistim databasenya algoritma autentikasi yang digunakan, sehingga jika dia menemukan celah yang rawan untuk dibobol maka akan dengan segera dia memberitahukan kepada pemilik situs tersebut dan memberikan saran atas apa yang ditemukannya, sehingga situs tersebut dapat diperbaiki dan menjadikannya aman dari kelompok penyusup.

2# Hacker juga dikenal mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.

3# Para kelompok hacker disinyalir tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

4# Seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi sehingga seiring dengan kemajuan teknologi it yang selalu berkembang merekapun masih tetap mampu mengenali dan memahami sistim yang baru.

5# Seorang hacker juga dapat dengan cepat memahami kinerja sistim dan dapat dengan cepat belajar pemrograman komputer.

Cracker

1# Mampu menganalisa kelemahan suatu sistim pada komputer dan jaringan komputer dan membuat scrpt/kode malware untuk kepentingan bagi dirinya sendiri yang bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan, seperti pembuatan virus komputer, mencuri kartu kredit, membobol akun bank milik orang lain, mencuri password email atau web server dan sebagainya.

2# Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.

3# Mempunyai website atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.

4# Mempunyai IP address yang tidak bisa dilacak oleh orang lain.

5# Kasus yang paling sering adalah carding atau pencurian kartu kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan, sebagai contoh kasus klikBCA.com yang pernah mengejutkan dunia cyber.

Demikian ulasan Apa Perbedaan Hacker Dan Cracker Komputer untuk kita ketahui dalam ilmu komputer agar kita tidak salah mengartikan istilah hacker dan craker tersebut.

Sekian artikel kali Apa Perbedaan Hacker Dan Cracker Komputer terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Share This -->

4 Comments

Add a Comment
  1. thank’s bro buat inPOnya..
    SenoARi888

  2. Arizqa Shafa Salsabila

    Bermanfaat

    1. Robert Vando@ maksih sudah mampir ke sini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015