patartambunan.com                                          

Loading...

Bagaimana Cara Cloning Windows 7

Loading...

Bagaimana Cara Cloning Windows 7Pernahkah anda mendengar cloning hardisk? Ya, cloning hardisk perlu dilakukan untuk menduplikat seluruh data atau sistim operasi seperti windows dari suatu hardisk.

Namun untuk apa cloning dilakukan? Untuk menjelaskan apa itu cloning dan mengapa melakukan cloning pada windows perlu dilakukan dibawah ini akan dijelaskan secara singkat.

Bagaimana Cara Cloning Windows 7

Cloning merupakan penggandaan atau menduplikat isi dari suatu hardisk baik itu berupa data dan sistim operasi pada suatu komputer sehingga dengan telah di cloningnya sebuah sistim akan memudahkan anda untuk membuat duplikat ke hardisk yang lainnya dengan sistim dan isi yang sama persis dari sumber hardisk yang telah di cloning sebelumnya.

Cloning menjadi sangat penting dilakukan oleh para teknisi komputer khususnya jika terdapat beberapa atau banyak komputer menggunakan sistim yang sama.

Dengan sistim cloning maka sekali anda menginstal sistim operasi lengkap dengan driver dan aplikasi lainnya pada satu komputer maka anda akan dengan mudah dan cepat untuk menduplikat sistim operasi dan program-program tersebut ke puluhan komputer lainnya.

Tidak butuh waktu yang lama, hanya dengan beberapa menit maka sebuah komputer dengan isi hardisk yang kosong akan bisa anda duplikat dengan menggunakan sistim yang sama dengan hardisk yang sudah di cloning.

Tentu ini sangat membantu khususnya jika anda seorang teknisi atau it spesialist pada sebuah perusahaan. Anda tidak perlu untuk melakukan instalasi satu persatu ke seluruh komputer, begitu juga dengan driver dan program lainnya.

Keuntungan lainnya menggunakan sistim cloning adalah jika suatu waktu sebuah komputer bermasalah atau gagal beroperasi seperti katakanlah sistim operasi mengalami crash yang parah maka anda tidak perlu khawatir, dengan bantuan software cloning terkadang anda hanya butuh waktu tak kurang dari 5 menit maka sistim akan bisa di recovery kembali ke kondisi sebelumnya.

Untuk melakukan cloning saya sarankan anda menggunkan software ATIH (Acronis True Image Home). Software inilah yang selalu saya gunakan untuk menangani banyak komputer dalam urusan cloning.

Untuk mendapatkan softwarenya anda boleh cari dulu di google dengan kata kunci Download Acronis True Image Home. Versi Acronis True Image Home yang saya gunkan adalah versi 11.0.

Untuk mencloning hardisk dengan Acronis caranya cukup mudah, setelah anda install software Acronis tersebut maka selanjutnya lakukan Backup, dan simpan file Backup tersebut untuk selanjutnya di duplikat dengan cara Recovery pada hardisk lainnya. Lihat gambar berikut ini, klik untuk melihat ukuran penuh.

Backup-disk-acronis

backup-atih

File backup tersebut akan disimpan dengan extension file .tib. Nah untuk bisa menduplikat file yang sudah anda backup tersebut ke hardisk lainnya, maka yang perlu anda lakukan adalah membuat boot pertama mengarah pada Bootable Acronis.

Bootable Acronis True Image Home bisa anda burning terlebih dahulu ke sebuah CD/DVD atau bisa juga anda copy kan ke flashdisk.

Untuk mendapatkan file Bootable Acronis anda boleh cari di google dengan kata kunci Download Bootable Acronis Gratis dan selanjutnya anda tinggal jalankan Recovery dan pilih file yang anda telah backup sebelumnya untuk di duplikat.

Dengan cara tersebut anda akan dengan mudah dan cepat untuk melakukan duplikat atau cloning sistim operasi windows ke puluhan komputer lainnya yang ingin anda cloning. Demikian dulu ulasan cara cloning windows 7 semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Loading...
Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015