patartambunan.com                                          

Loading...

Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen

Loading...

Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen ~ Bagi pengguna sistim windows mungkin anda pernah atau sering mengalami blue screen baik itu pada komputer desktop ataupun laptop.

Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen

Blue screen atau disebut juga dengan BSOD (Blue Srcreen Of Death) bisa terjadi karena adanya software atau hardware pada komputer yang mengalami crash atau konflik sehingga terjadilah kesalahan fatal pada sistim windows yang mengakibatkan blue screen dengan menampilkan beberapa pesan error.

Dengan terjadinya blue screen pada komputer tentu akan sangat menggangu dan jika itu sering terjadi tentu saja akan membuat penggunanya merasa kesal, apalagi jika pada saat itu anda tengah bekerja dan blue screen terjadi maka mungkin anda akan kehilangan data anda. Jika blue screen terjadi maka tak ada pilihan lain selain anda harus melakukan restart atau mematikan komputer secara langsung.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana blue screen bisa terjadi dan beberapa solusi untuk mengatasi blue screen yang dapat anda ikuti dengan cara yang mudah.

Penyebab terjadinya blue screen

Blue screen terjadi ketika sistim windows pada komputer mengalami kesalahan sistim atau dikenal dengan stop error oleh Microsoft. Beberapa hal yang menyebabakan Blue Screen Of Death terjadi adalah karena terjadinya konflik atau crash pada driver ataupun file yang mengalami kerusakan pada sistim windows.

Pemasangan hardware yang tidak sesuai pada komputer dapat juga menyebabkan terjadinya blue screen, begitu juga dengan instalasi software yang tidak support dengan sistim windows bisa juga mengakibatkan crash pada sistim sehingga blue screen pun terjadi.

Berikutnya kerusakan seperti terjadinya error pada ram, hardisk mengalami bad sector, kabel konektor yang tidak terpasang dengan benar ataupun terjadinya kerusakan pada port komputer bisa saja menjadi penyebab terjadinya blue screen.

Cara mengatasi blue screen.

1# Lakukan system restore

Jika blue screen yang anda alami baru pertama kali terjadi, maka sebaiknya anda patut memperbaikinya dengan merestore sistim hingga kembali ke keadaaan sebelumnya, atau dimana blue screen belum terjadi.

Untuk melakukan restore anda boleh pergi ke All programs –> Accessories –> System Tools –> dan klik System Restore kemudian lakukan restore sistim. Jika dengan cara demikian blue screen dapat diperbaiki, berarti blue screen yang anda alami disebabkan oleh terjadinya masalah software pada sistim anda.

2# Periksa hardware komputer

Berikutnya untuk mengatasi blue screen anda boleh coba memeriksa atau membersihkan hardware komputer anda, perhatikan pemasangan memori ram apakah sudah terpasang dengan benar, begitu juga dengan hardisk dan pemasangan port lainnya, pastikan tidak ada yang terpasang salah dan longgar.

3# Update Driver

Driver yang anda instal di komputer anda bisa saja mengalami crash, ini bisa terjadi disebabkan adanya file yang mengalami korupt atau bad file kemudian adanya driver yang mengalami konfik dan tidak support lagi dengan sistim windows, hal tersebut bisa saja menjadi penyebab terjadinya blue screen pada komputer, untuk mengatasinya anda boleh melakukan update driver atau mencoba melakukan uninstall driver kemudian menginstal ulang kembali, dengan cara tersebut anda akan bisa memperbaiki file driver yang mengalami korupt ataupun rusak tersebut.

4# Scan malware/kode jahat

Virus atau varian malware lainnya bisa saja menyerang sistim windows pada komputer anda, khususnya jika komputer anda tidak menggunakan sistim keamanan yang baik, seperti tidak dipasangnya anti virus atau anti malware pada komputer sehingga jika serangkaian kode jahat berhasil menyusup sistim anda, maka bukan tidak mungkin juga virus tersebut akan merusak file sistim ataupun registry windows anda.

Untuk mengatasinya anda boleh menggunakan antivirus atau anti malaware, lakukan scanning pada semua file untuk membersihkan dan memperbaiki sistim dari gangguan virus atau malware.

5# Repair atau instal ulang Windows

Berikutnya jika dengan cara-cara diatas ternyata blue screen belum dapat juga diperbaiki, maka selanjutnya anda boleh melakukan repair windows, untuk memperbaiki file windows yang bermasalah seperti file registry dan file-file pendukung windows yang sudah rusak atau korupt.

Untuk memperbaikinya, anda boleh lakukan repair sistim operasi dengan cara menyediakan CD/DVD ataupun flashsdisk yang berisikan file instalasi sistim operasi windows yang anda gunakan.

Lakukan restart dan setting bios agar boot pertama mengarah pada CD/DVD ataupun flashdisk tempat instalasi windows anda, berikutnya pilih repair untuk memperbaiki sistim operasi windows anda.

Dengan demikian file atau sistim registry windows yang sebelumnya bermasalah akan bisa diperbaiki kembali.

Demikianlah ulasan bagaimana blue screen bisa terjadi dan cara mengatasinya, dengan adanya artikel ini semoga blue screnn yang anda alami bisa diperbaiki.

Sekian artikel Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen terimakasih sudah berkungjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Loading...
Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. sangat bermanfaat bang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015