patartambunan.com                                          

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer PC Yang Berisik

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer PC Yang Berisik ~ Mendengar suara komputer yang berisik akan membuat penggunanya merasa risih dan terdengar bising.

Jika hal ini anda alami tentu saja sangat menggangu bukan? Untuk mengatasi masalah tersebut pada artikel kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengatasi komputer pc yang berisik.

Apa Penyebab Komputer Berisik Dan Bagaimana Mengatasinya

Komputer berisik dapat disebabkan beberapa hal, dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyebab komputer yang berisik.

1# Debu atau Kotoran Yang Menumpuk

Komputer-PC-Berdebu-dan-Kotor

Penyebab komputer berisik paling sering disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk di dalam cpu. Cara membersihkannya anda boleh sediakan blower, kuas dan obeng pembuka cpu, kemudian buka cashing cpu, bawa ke tempat terbuka dan hidupkan blower untuk mengeluarkan debu yang menumpuk tersebut, untuk membersihkan pada area yang sempit gunakanlah kuas sehingga semua debu dan kotoran yang menumpuk dapat keluar dari dalam cpu.

2# Kipas Komputer

Kipas-komputer-pc

Kipas komputer dalam cpu sering menjadi biang keladi penyebab komputer berisik terutama kipas cpu untuk mengatasinya anda boleh membersihkannya terlebih dahulu kemudian memberikan oli atau pelumas untuk membuat kipas berputar dengan lancar.

Perhatikan juga kipas pada power supply, kipas cashing, hardisk dan vga. Kipas yang terlalu kotor dan berdebu sering menjadi penyebab utama kipas tersebut berisik, untuk itu bersihkan terlebih dahulu dan berikan sedikit pelumas agar kipas berputar dengan baik.

Jika dengan cara tersebut masalah belum teratasi juga maka pertama perhatikan kondisi fisik kipas apakah mengalami cacat fisik, jika terdapat kerusakan maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru mengingat harga dari kipas tersebut masih tergolong murah.

3# Kabel Yang Tidak Terpasang Rapi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kabel yang tidak terpasang rapi alias sembrautan bisanya akan menyebabkan komputer berisik, kabel tersebut bisa saja mengenai kipas dalam cpu sehinngga menyebabkan suara yang berisik.

Untuk mengatasinya anda boleh rapikan kabel yang terlihat sembrautan tersebut dengan mengikatnya dengan tighter atau kabel pengikat sehingga kabel akan terlihat rapi dan tidak mengenai kipas yang sedang berputar.

4# Pemasangan Komponen Yang Longgar

komponen-pc-longgar

Penting untuk memperhatikan komponen komputer apakah terpasang benar atau tidak ada yang longggar, komponen yang terpasang longgar dapat menyebabkan computer berisik seperti pemasangan skrup yang tidak kuat. Untuk itu pastikan semua komponen terpasang dengan benar.

5# CPU Yang Terlalu Panas

cpu-terlalu-panas

Ada kalanya pada saat komputer anda berkerja multitasking seperti memainkan game berat yang terlalu lama akan membuat processor anda kepanasan atau overheat dan memaksa kipas anda juga berputar lebih kencang dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda boleh menambahkan kipas tambahan pada cpu untuk menjaga suhu udara dalam cpu tetap stabil meskipun processor dan memori komputer bekerja dengan performa tinggi.

Demikian tutorial bagaimana cara mengatasi kipas PC yang berisik, tentunya penting untuk kita ketahui khususnya apabila kita mengalami masalah tersebut pada komputer PC kita sehingga masalah dapat diatasi dan komputer dapat berkerja normal tanpa menggangu penggunanya.

Sekian dulu artikel Bagaimana Cara Mengatasi Komputer PC Yang Berisik semoga dapat membantu anda.

Share This -->

8 Comments

Add a Comment
  1. saya ada pertanyaan nih bang,saat saya bermain game komputer(Counter strike GLobal offensive) ada kipas yang tiba tiba bunyi terlalu cepat dan gamenya itu not responding setiap 10-15 menit, mungkin itu kipas prosecor?,tapi saat saya bermain game yg lain tidak seperti itu,nah saya bingung apakah prosecor saya kurang baik atau ada problem yang lain?

    ini spesifikasi komputer saya :

    Operating System: Windows 7 Ultimate 32-bit (6.1, Build 7600) (7600.win7_gdr.091207-1941)
    Language: English (Regional Setting: English)
    System Manufacturer: MSI
    System Model: MS-7751
    BIOS: BIOS Date: 09/14/12 08:22:40 Ver: 04.06.05
    Processor: Intel(R) Core(TM) i7-3770K CPU @ 3.50GHz (8 CPUs), ~3.5GHz
    Memory: 4096MB RAM
    Available OS Memory: 3538MB RAM
    Page File: 4480MB used, 2591MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7600.16385 32bit Unicode
    i hope you may replay this message:)

    1. @muhammad –> spek processor dan ram nya udah masuk ke top level ni gan bagus sangat, sudah pake core i7 dan ram 4 gb yang saya pikir sangat mendukung dan bagus untuk game berat dan multitasking..tapi apakah kompi agan pakai vga card tambahan? jika masih menggunakan vga on board biasanya memiliki kemampuan terbatas saat menjalankan grafis yang cepat khususnya game” berat. sebaiknya gunakan vga card agar kualitas grafisnya cepat, tampilannya bagus dan ringan saat bermain game.

    2. sayang banget gan cpu i7 + 4gb masih pake 32bit(x86), coba upgrade ke windows versi yg 64 bit(x64), penggunaan hardware bisa maksimal di x64

  2. OK deh gan makasih bgt ni infonya semoga blog ini selalu membantu orang” :). Salam sukses!!

  3. oh ya gan vga card apa lagi yg saya harus tambahin ke kompie saya?

  4. om, kalo pc sy suka ngebut sendiri tu swara kipas (ga tau kipas yg mana), tur tiba2 mati sendiri pc-nya, itu knapa ya????

    btw spek nya ini pc (pc dalam keadaan banru nyala 10mnit tanpa running program apapun kecwali firefox):

    Operating System
    Windows 10 Pro Insider Preview 32-bit
    CPU
    AMD Phenom II X4 955 43 °C
    Deneb 45nm Technology
    RAM
    4.00GB Single-Channel DDR3 @ 669MHz (9-9-9-24)
    Motherboard
    Gigabyte Technology Co. Ltd. GA-870A-USB3 (Socket M2) 46 °C
    Graphics
    Generic Non-PnP Monitor (1440×900@60Hz)
    1024MB ATI Radeon HD 4600 Series (ATI AIB) 56 °C
    Storage
    931GB Western Digital WDC WD10EARS-00Y5B1 ATA Device (SATA) 41 °C
    Optical Drives
    ASUS DRW-1814BLT ATA Device
    Audio
    High Definition Audio Device

    #haturnuhun# sebelumnya

    1. johan@ Halo gan.. kalau pc-nya mati sendiri hanya masih dalam waktu 10 menit saat pertama dihidupkan, agan boleh cek dulu kipas processornya, apakah hidup atau tidak. Kipas processor yang tidak berputar akan membuat processor cepat panas dan otomatis komputer akan mati sendiri.

  5. artikel di blog ini benar” bemanfaat khususnya untuk para teknisi..terimakasih gan sangat membantu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015