patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Di Komputer Windows

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Di Komputer Windows ~ Saat anda membeli laptop atau komputer desktop yang baru, biasanya sistim operasi seperti windows telah di instal didalamnya. Tapi jika kita perhatikan pada laptop atau komputer tersebut seringkali hardisk belum dipartisi.

Dengan kata lain hardisk anda masih memiliki satu partisi yaitu drive C:\ tempat windows tersebut di instal. Tidak saja hanya pada komputer baru, terkadang banyak juga pengguna menggunakan komputer tapi tidak begitu memperhatikan partisi hardisk yang digunakannya.

Bagaimana Cara Partisi Hardisk Di Komputer Windows

Sebelum dijelaskan bagaimana cara partisi hardisk pada komputer windows, ada baiknya kita mengetahui mengapa partisi penting untuk dilakukan.

Oke, partisi hardisk dilakukan yaitu untuk membagi kapasitas memori yang dimiliki hardisk dalam beberapa bagian, sebagai contoh jika kapasitas hardisk anda memiliki 500 GB maka ada baiknya hardisk dengan kapasitas 500 GB tersebut di partisi hingga menjadi beberapa bagian.

Seperti pembagian untuk partisi tempat sistim operasi, tempat data pribadi, dan lain sebagainya.

Partisi juga penting dilakukan karena jika anda biarkan data anda tersimpan dalam satu partisi yaitu drive C, maka jika di kemudian hari komputer anda bermasalah seperti katakanlah terkena virus, sistim operasi mengalami error atau crash, sehingga mengharuskan anda untuk menginstal ulang kembali sistim operasi  tersebut.

Tentu saja jika hal tersebut terjadi anda akan mengalami kerepotan, karena dalam menginstal ulang sistim operasi sering kali kita harus menghapus seluruh data yang ada di drive tempat windows tersebut di instal, jika begitu data yang anda simpan sebelumnya juga akan menghilang.

Disinilah salah satu pentingnya untuk melakukan partisi hardisk yaitu memisahkan drive sistim operasi dengan data-data pribadi. Selain masalah dari keamanan data tentu juga pada contoh diatas memori dengan kapasitas 500 GB akan tidak efektif jika kita gunakan hanya pada satu drive.

Oke langsung saja kita akan coba partisi sebuah hardisk pada sistim windows, anda bisa ikuti langkah-langkanya yang cukup mudah di bawah ini.

Pergi ke Start kemudian klik kanan Computer dan klik Manage maka jendela Computer Management akan terbuka, lihat gambar berikut ini klik gambar untuk melihat ukuran penuh.

Manage-partisi

Setelah jendela Computer Management terbuka kemudian klik Disk Management dan sekarang lihat partisi Disk yang anda gunakan, pilihlah drive yang ingin anda partisi yang anda anggap masih memiliki kapasitas free yang besar sehingga cocok untuk di partisi. Pada contoh dibawah ini saya akan melakukan partisi sebanyak 50 GB pada drive C saya, yang memiliki kapasitas 233 GB dan masih memiliki ruang free sebesar 190 GB.

Pada jendela Computer Management klik kanan disk yang ingin anda partisi, pada contoh dibawah ini kita akan partisi drive C sebanyak 50 GB, caranya klik kanan drive C dan klik Shrink Volume

Lihat gambar berikut ini, klik untuk melihat ukuran penuh.

shrink-volume-hardisk

Setelah jendela Shrink terbuka, perhatikan total size sebelum shrink dilakukan dan size yang tersedia untuk anda shrink (partisi).

Sekarang pada kotak isian Enter the amount of space to shrink in MB yang artinya masukkan jumlah kapasitas yang akan anda shrink (partisi) dalam satuan MB, maka akan saya masukkan 50000 MB atau sama dengan 50 GB, setelah memperhatikan total size setelah shrink maka klik tombol shrink.

Setelah proses Shrink selesai sekarang bisa anda lihat volume 50 GB yang anda shrink (partisi) sudah di Unallocatedlihat gambar berikut ini.

Volume-Unallocated

 

Untuk mengaktifkannya agar bisa anda gunakan, maka klik kanan pada disk unallocated tersebut dan klik New Simple Volume, lihat gambar berikut ini.

New-Simple-Volume-Disk

 

Berikutnya pada wizard Specify Volume size klik Next, lihat gambar berikut ini.

Volume-size-specify

Kemudian pada wizard Assign the following Drive letter  klik Next.

Assign-Drive

Berikutnya pada wizard Format Partition file system pilih NTFS, dan pada kotak isian Volume label isikan dengan label yang anda inginkan, seperti dibawah ini saya berikan label PERSONAL.

volume-label

Setelah selesai klik Next dan Finish seperti gambar berikut ini.

Completing-new-simple-wizard

Sekarang mempartisi  hardisk sudah berhasil di lakukan dan drive PERSONAL yang baru siap untuk anda gunakan.

partsi-hardisk-berhasil

Bagimana mudah bukan? Demikian ulasan Bagaimana Cara Partisi Hardisk Di Komputer Windows untuk kita ketahui sehingga mempatisi hardisk dapat dilakukan dengan mudah untuk membagi kapasitas hardisk dalam beberapa partisi, sehingga drive sistim operasi windows dengan drive tempat dat-data pribadi dapat dipisahkan.

Sekian artikel Bagaimana Cara Partisi Hardisk Di Komputer Windows terimakasih sudah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015