patartambunan.com                                          

Loading...

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Cara agar laptop tidak lemot untuk windows 7 – Kadangkala, kamu harus menerima kenyataan. Laptop kesayangan berjalan tak sesuai harapan. Salah satunya terjadi karena masalah spesfikasi atau penggunaan yang sudah terlalu lama. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mencari alternatif solusi.

Windows 7 merupakan versi windows yang masih banyak memiliki pelanggan. Ada ratusan orang yang setia menggunakan versi windows 7 ini. Apabila kamu merupakan salah satunya, mungkin permasalahn laptop lemot ini kamu alami. Sehingga, kamu sudah sepantasnya menyimak panduan cara agar laptop tidak lemot untuk windows 7 berikut ini:

Hindari Terlalu Banyak Install Program

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Jangan asal menginstal program. Pastikan bahwa program yang kamu instal memang kamu butuhkan. Bilamana terlalu banyak program yang kamu instal, maka berakibat pada memory penuh. Apabila diteruskan, maka memperlambat kinerja komputer.

Agar hal itu tidak kamu alami, maka ada baiknya memilah dan memilih mana aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer. Bila sudah terpaksa memasang aplikasi di komputer, maka segera lakukan uninstal. Khususnya bagi aplikasi yang sudah jarang kamu gunakan.

Kurangi Startup Programs dan Service yang Aktif

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Seperti yang sebelumnya, ini merupakan penyebab kenapa performa laptopmu melambat. Pada proses startup, bilamana terdapat banyak aplikasi, maka kinerja laptop akan melambat. Biasanya, laptop akan merespon dengan efek lag, lemot, berat dan lambat.

Apalagi kamu terlalu banyak menginstal aplikasi, maka semakin banyak pula service yang dijalankan pada saat windows startup. Untuk mengatasinya, lakukam nonaktifasi aplikasi maupun service yang tidak digunakan .

Menghapus Temporary File

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Temporary File merupakan sekumpulan file yang bersifat tidak permanen. Apabila terlalu banyak file demikian menumpuk, maka berpengaruh pada kinerja komputer. Setiap keluar dari porgram, biasanya file jenis inidihapus secara otomatis.

Nyatanya tidak seperti demikian. File-file temporary menumpuk dan membengkak. Akibatnya, ruang harddisk komputer penuh. Umumnya, lokasi file temporary pada Windows 7 di C:\Users\\AppData\Local\Temp.

Guna mengatasinya, kamu bisa menghapus file yang ada di dalam firectory tersebut. Apabila tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi Disk CleanUp. Untuk memanggilnya, sialhkan klik menu Start dan ketikkan “cleanmgr” atau klik tombol Start, dan pilih pada ”All Programs”. Selanjutnya, masuk ke Accessories, dan pilih System Tools. Klik Disk Cleanup, lanjutkan dengan memilih mana drive yang ingin kamu bersihkan.

Merapikan File Data “Berantakan”

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Kinerja laptop semakin berkurang tak lain bisa diakibatkan karena file yang berantakan. Salah satu cara memberishkannya dengan menggunakan Disk Cleanup. Sebagai pelengkap, kamu perlu Disk Defragment. Tak perlu bingung mencari, program ini sudah tertanama di dalam windows 7.

Tools yangs atu berfungsi merapikan file-file yang sudah kamu simpan. Dampaknya, kecepatan dan performa komputer lebih cepat. Hal ini dikarenakan proses searching data lebih cepat. Bukan hanya itu saja, Defragment pun bermanfaat merapikan file berdasar jenis.

Menurut beberapa orang, hal ini bermanfaat guna memperpanjang umur harddisk dan menjaga kinerja komputer. Untuk mendapatkan manfaat dari tools ini, kamu bisa mulai mengakses menu “Start, lalu Program, selanjutnya Accessories, pilih System Tool, klik Disk Defragmenter.

Uninstal Anti Virus

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Apabila terlalu banyak, maka antivirus pun akan menjadi penghambar kinerja laptop. Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan antivirus yang terbukti ampuh di laptop. Sayangnya, semakin banyak tools keamanan yang terpasang, bukan semakin membuat laptopmu aman, melainkan membebani komputer.

Apalagi ditambah dengan ukuran file yang besar. Otomatis ini akan memakan storage di laptop. Alhasil, kinerjanya pun melambat. Untuk keamanan, sebenarnya kamu cukup melakukan update, mengaktifkan windows firewall, dan menggunakan antivirus ringan, seperti AVAST.

Share This -->
Updated: 19/09/2016 — 12:10 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015