patartambunan.com                                          

Cara Mematikan Komputer Otomatis Di Jaringan LAN Lewat CMD

Cara Mematikan Komputer Otomatis Di Jaringan LAN Lewat CMDArtikel singkat kali ini akan mengulas bagaimana mematikan komputer secara otomatis di lingkup jaringan LAN yaitu melalui command prompt.

Sebelum kita mengulas bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis di jaringan LAN, pertama kita harus mengetahui mengapa mematikan komputer otomatis tersebut dilakukan.

Woman using computerJika anda adalah seorang administrator jaringan, saya yakin anda familiar dengan berbagai masalah yang dihadapi di dalam jaringan LAN.

Sebagai contoh katakan saja anda seorang administrator jaringan dalam sebuah perusahaan atau institusi, dimana ada banyak pengguna komputer yang terhubung dalam jaringan yang jaraknya mungkin berjauhan dengan anda seperti berbeda gedung, berbeda ruangan dan lain sebagainya.

Mungkin sering anda temukan user yang membiarkan komputernya dalam keadaan hidup walaupun pengguna tersebut sudah tidak berada di tempat atau tidak menggunakannya lagi. Saat seperti inilah penting untuk kita lakukan shutdown komputer secara otomatis guna menghemat konsumsi daya, mencegah komputer dari berbagai kerusakan dan lain sebagainya.

Oke, langsung saja untuk mengatasi masalah diatas dibawah ini akan dijelaskan syntax sederhana untuk mematikan komputer di jaringan LAN melalui cmd.

Pertama buka notepad anda, dan ketikkan perintah shutdown –s –m  \\nama computer

Sebagai contoh, katakan saja ada banyak komputer yang terhubung dalam jaringan anda, maka pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui hostname atau nama komputer setiap user. Untuk melihat daftar user di jaringan LAN, anda boleh buka command prompt anda, pergi ke All Programs, Accessories kemudian klik kanan pada Command Prompt dan klik Run as administrator, lihat gambar berikut ini.

cmd-ruan-as-administrator

Jika command prompt sudah terbuka, sekarang ketikkan perintah net view dan tekan enter, maka anda akan melihat nama komputer dari seluruh komputer yang terhubung di jaringan LAN anda, lihat gambar berikut ini.

melihat-user-jaringan-lan

Setelah anda mengetahui nama komputer dari seluruh user, sekarang buka kembali notepad anda dan ketikkan perintah seperti berikut ini.

shutdown –s –m  \\komputer1

shutdown –s –m  \\komputer2

shutdown –s –m  \\komputer3

Teruskan sampai seluruh nama komputer sudah anda ketikkan di dalam notepad tersebut, jika sudah selesai sekarang simpan file tersebut  dengan nama sesuai keinginan anda dan simpan file dalam extensi .bat sebagai contoh shutdown-otomatis.bat

Keterangan

shutdown merupakan perintah awal untuk mematikan komputer.

-s merupakan perintah untuk menjalankan shutdown.

-m merupakan waktu yang akan diberikan pada komputer yaitu kurang dari 1 menit sebelum shutdown.

komputer1 merupakan contoh nama komputer dari user yang ada dalam jaringan.

Kapan saja komputer di jaringan anda sudah tidak digunakan lagi, maka anda tinggal menjalankan file shutdown-otomatis.bat tersebut untuk mematikan seluruh komputer di jaringan anda.

Oke, sekian dulu artikel singkat kali ini Cara Mematikan Komputer Otomatis Di Jaringan LAN Lewat CMD terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat unuk anda.

Baca juga artikel ini LAN Messenger Aplikasi Chat Untuk Jaringan Local

Share This -->

2 Comments

Add a Comment
  1. Really appreciate you sharing this post.Really thank you! Cool.

    1. insurancewhisper@ you are welcome..thank you for visiting this simple blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015