patartambunan.com                                          

Loading...

Cara Mengunci Port USB atau Flash Disk Agar Tidak Berfungsi

Loading...

Cara Mengunci Port USB atau Flash Disk Agar Tidak Berfungsi ~ Pernahkah anda bermaksud ingin mengunci atau menonaktifkan port usb komputer anda agar ketika orang mencolokkan usb atau flashdisk menjadi tidak berfungsi?

Keinginan mengunci port usb tersebut bukan tanpa alasan, sebab pada beberapa komputer ada memang yang fungsinya sangat vital atau sangat penting seperti komputer server yang harus melayani komputer client setiap saat, sehingga para administrator dari komputer tersebut akan berusaha untuk melindingi sistim dari gangguan-gangguan luar yang mencoba merusak sistim.

Cara Mengunci Port USB atau Flash Disk Agar Tidak Berfungsi

Begitu juga pada komputer pribadi tentu kita tidak ingin bila seseorang datang dan mencolokkan flashdisk ke dalam komputer kita dan melakukan copy data tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemiliknya, karena data pada komputer biasanya kita telah mengatur file mana saja yang dapat dibagikan atau file mana yang bersifat rahasia atau sangat penting dan tidak boleh diambil orang.

Bukan saja hanya masalah keamanan data, yang paling sering sangat mengganggu dan membuat kita merasa kesal adalah adanya virus yang telah tertanam dalam flashdisk tersebut, sehingga ketika dia mencoba untuk mencolokkan flashdisk kedalam komputer kita, maka sudah boleh ditebak komputer kita juga akan terinfeksi virus.

Kasus ini saya alami beberapa waktu lalu, saya rasa ini sangat menggangu dimana ketika virus tersebut melakukan duplikat ke semua drive yang terhubung tertutama ke folder-folder yang di sharingkan oleh administrator.

Dan karena ulah dari virus tersebut antivirus yang aktif pada komputer server setiap saat selalu memberikan notifikasi bahwa virus sedang ditemukan, tentu saja ini sangat menggangu selain terinfeksi virus, komputer server tersebut juga akan membuthkan resource yang tinggi seperti pemakaian memory dan processor.

Untuk mengatasi gangguan tersebut maka saya mencoba untuk melakukan update antivirus dan melakukan scanning, kemudian mengambil kebijakan untuk menonaktifkan atau mengunci port usb pada komputer client, agar tidak seenaknya saja mencolokkan flashdisk ke dalam port komputer.

Berikut saya rangkum cara mengunci atau menonaktifkan port usb pada komputer windows.

1# Klik Start –> Run dan pada kotak pencarian ketikkan regedit dan tekan enter, lihat gambar berikut ini, klik untuk memperbesar.

regedit

2# Pada jendela registry editor buka:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR 

Lihat gambar berikut, klik gambar untuk memperbesar.

regedit-usb-stor

3# Double klik Start dan ubah nilai DWORD pada Valued Data: 3 menjadi 4 dan klik Ok, maka sekarang usb port anda menjadi tidak berfungsi, untuk mentesnya anda boleh ambil flahhdisk dan colokkan ke port komputer tersebut dan lihat flashdisk anda tidak akan terdeteksi lagi.

Apabila suatu saat anda ingin mengaktifkanya kembali maka anda tinggal merubah nilai dari DWORD tersebut dari 4 menjadi 3.

Demikian artikel untuk Cara Mengunci Port USB atau Flash Disk Agar Tidak Berfungsi semoga bisa membantu anda.

Loading...
Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. min kalau untuk menghilangkan bootable pada flashdisk gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015