patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Cara Merawat Hardisk External Dan Internal

Cara Merawat Hardisk External Dan Internal ~ Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Dalam hardisk inilah kita biasanya menyimpan data yang kita kerjakan sehari-hari, dan apabila suatu saat kita memerlukannya kembali maka kita harapakan data tersebut masih ada dan bisa di temukan dengan mudah.

Computer Harddrive

Sehubungan dengan fungsinya yang sangat penting dan vital dalam sistim komputer, maka perangkat keras yang satu ini perlu adanya perawatan khusus untuk melindunginya dari ancaman kerusakan yang cepat.

Jika hardisk anda mengalami kerusakan tanpa bisa diperbaiki lagi, maka semua data yang tersimpan di dalam hardisk tersebut akan hilang tanpa bisa di restore kembali, beruntung bila anda sudah melakukan backup data sebelum hardisk tersebut mengalami kerusakan, jika tidak maka semua data tersebut akan lenyap.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut diberikan beberapa tips untuk merawat hardisk:

1# Install Progaram Yang Dibutuhkan Saja

Menginstal program/aplikasi pada sebuah komputer sangatlah penting apabila program tersebut memang kita butuhkan, tapi sebaliknya jika aplikasi yang anda install tersebut tidak anda butuhkan maka sebaiknya anda tidak perlu menginstalnya, selain program tersebut akan memakan space memori hardisk tentu saja juga akan  menambah atau memberatkan kinerja hardisk, karena program tersebut akan di index pada memori dan akan membuat hardisk selalu bekerja untuk membaca program tersebut.

Dengan menggunakan program yang hanya dibutuhkan saja tentu akan memperingan kinerja hardisk dan membuatnya semakin cepat dalam mengakses atau membaca sebuah file, dengan demikian akan menjadikan hardisk tetap awet dan handal.

2# Susun Atau Rapikan Data Secara Teratur

Data yang kurang teratur akan membuat kinerja hardisk menjadi tidak optimal, sama halnya dalam kehidupan nyata apabila anda meletakkan sebuah barang asal letak saja alias tidak beraturan tentu anda sendiri akan kebingungan dan akan membutuhkan usaha ekstra apabila suatu saat anda membutuhkan barang tersebut tapi tidak bisa menemukannya dengan mudah.

Dengan demikian disarankan untuk mengatur atau menyusun data dalam hardisk secara teratur seperti memberikan partisi yang terpisah antara drive sistim operasi dengan data anda, menyusun folder dengan membuat kategori data dan juga menghapus file yang tidak dibutuhkan lagi.

3# Defrag Hardisk Secara Berkala

Defgrament pada hardisk komputer sangat penting dilakukan, defragment berfungsi untuk menyusun kembali file-file yang diperbaharui atau telah di install baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Dengan menjalankan defragment maka file hardisk anda akan diatur kemabali secara otomatis sehingga akan sangat membantu hardisk mencegah terjadinya bad sector.

Jika anda melakukan defrag secara berkala disarankan dilakukan sebulan sekali maka akan membuat komputer anda bekerja lebih cepat dari seblum defragment dilakukan.

Fitur defragment sudah tersedia di windows anda yaitu dengan membuka All Programs –>  Accessories –> System Tools –> Disk Defragmenter setelah disk defragmenter terbuka klik defragment disk untuk menjalankannya tunggu sampai proses defragment selesai dan lakukanlah defragment ke semua disk yang ada pada komputer anda lihat gambar berikut ini.

Cara-Defragment-Hardisk

 

4# Hindari Instal Ulang OS Yang Terlalu Sering

Menginstal ulang sistim operasi yang dilakukan terlalu sering akan mempengaruhi keawetan sebuah hardisk, pada saat hardisk diinstal ulang maka tidak saja hanya data pada sektor memori harddisk yang terjadi perubahan melainkan akan memaksa hardisk juga untuk bekerja keras menulis file sistim operasi yang baru kedalamnya, hal ini dapat anda lihat ketika anda menginstal ulang sebuah komputer, hardisk akan kelihatan sangat bekerja ekstra yang dapat kita lihat dari suara yang ditimbulknnya pada saat menginstal sistim opersi yang baru.

5# Lindungi Hardisk Dari Overheat

Sangat penting untuk melindungi hardisk dari suhu udara yang terlalu panas atau overheat, apalagi pada saat hardisk bekerja dengan performa tinggi maka disarankan untuk menggunakan pendingin seperti fan yang dapat dipasang di dekat harddisk untuk menjaga suhu udara tetap stabil dan meredam panas yang berlebihan ketika harddisk bekerja ekstra, dengan demikian akan menjaga harddisk tetap awet.

6# Gunakan Antivirus/Malware

Antivirus sangat berguna untuk melindungi kompi anda dari program/kode jahat yang berpotensi untuk merusak data dan membanjiri memori anda. Virus bukan tidak mungkin menjalankan instruksi yang tidak wajar untuk membuat hardisk bekerja ekstra dan menjadikannya hang atau crash. Untuk mencegah hal tersebut disarankan untuk menggunakan antivirus.

7# Gunakan UPS atau Stabilizer

Menggunakan ups atau stabilizer sangatlah penting, perangkat yang satu ini akan menjaga arus listrik yang masuk kedalam komponen komputer tetap dalam keadaan stabil atau tidak membiarkan arus yang masuk melebihi dari batas normal yang terkadang akan membuat komponen hardisk bekerja tidak normal.

UPS juga akan memungkinkan anda masih bisa mengoperasikan komputer apabila listrik mati tiba-tiba. Komputer yang mati atau restart secara tiba-tiba tanpa melalui sebuah instruksi akan mempercepat umur hardisk.

Demikianlah ulasan Cara Merawat Hardisk External Dan Internal pada komputer yang tentunya penting untuk kita ketahui agar hardisk yang kita gunakan tetap awet dan tahan lama sehingga data pada hardisk akan tersimpan aman dan membuat harddisk tetap bekerja dengan performa yang stabil.

Sekian artikel Cara Merawat Hardisk External Dan Internal terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015