patartambunan.com                                          

Cara Reset BIOS Komputer Dengan Mudah

Cara Reset BIOS Komputer Dengan MudahBasic Input Output System atau disingkat BIOS merupakan sebuah software yang dibuat dalam bahasa mesin (assembly) yang berfungsi untuk mengatur atau menginisialisasi perangkat keras dari sebuah komputer.

Cara Reset BIOS Komputer Dengan Mudah

Sistim BIOS sendiri ditanamkan dalam sebuah chip memory yaitu ROM ataupun CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) yang terdapat pada motherboard.

Dalam beberapa kondisi sering ditemui BIOS mengalami gangguan atau kerusakan yang bisa saja disebabkan oleh kesalahan atau kegagalan pada saat melakukan upgrade ataupun kesalahan pada saat setting BIOS, atau BIOS dalam keadaan terpassword dan tidak bisa dibuka sehingga konfigurasi tidak bisa di lakukan.

Akibat dari gangguan atau kerusakan BIOS seringkali komputer akan mengalami masalah atau kegagalan pada saat booting, seperti munculnya beberapa pesan kesalahan, perangkat keras not recognize, sampai dengan tidak bisanya komputer malukuan booting ke sistim operasi.

Nah, untuk mengtasi masalah diatas, kita perlu untuk melakukan reset BIOS. Berikut ini akan dijelaskan cara reset BIOS komputer dengan mudah, yang tentunya juga bisa anda ikuti dan coba di terapkan jika anda mengalami masalah dengan BIOS.

1. Pertama pastikan power komputer sudah dalam keadaan mati, untuk lebih amannya anda boleh lepaskan kabel power dari stop kontak ataupun melepaskan kabel power supply yang tersambung ke motherboard.

2. Tunggu beberapa menit agar arus dalam komputer benar-benar hilang, untuk mempercepat menghilangkan arus dalam komputer anda boleh menekan power komputer dalam waktu beberapa detik.

3. Sekarang, silahkan anda cari tombol atau jumper yang terdapat tulisan CLR CMOS atau CLR TC pada motherboard. Biasanya posisi junper tersebut tepat disamping baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu ada yang menggunakan 2 pin atau 3 pin. Jika menggunakan tombol, anda boleh tekan tombol clearnya.

4. Namun, jika tipe jumper 3 pin, anda boleh pindahkan posisi jamper ke sisi lainnnya. Kemudian untuk tipe jumper 2 pin, anda tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika anda tidak memiliki jumper anda dapat melakukan short pada kedua pin tersebut dengan menggunakan obeng standar yang berukuran kecil. Lebih singkatnya anda harus membuat kedua pin tersebut terhubung atau short. Jika sudah selasai anda boleh tunggu untuk beberapa saat.

5. Selanjutnya anda bisa kembalikan posisi jumper ke posisi semula. Cabut jumper untuk tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke tempat sebelumnya untuk yang menggunakan 3 pin.

6. Sekarang pasang kembali kabel power supply yang anda lepaskan sebelumnya ke motherboard, dan hubungkan kembali kabel power ke stop kontak. Silakan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, jika reset BIOS yang anda lakukan berhasil maka setting BIOS akan kembali ke posisi default.

Jika percobaan diatas masih belum berhasil, maka anda boleh coba kembali ikuti dari langkah ke pertama dan kedua dan coba keluarkan baterai CMOS dan selanjutnya lakukan langkah yang ke 3 dan ke 5.

Demikian dulu artikel Cara Reset Bios Di Komputer Windows Dengan terimakasih sudah membaca dan semoga berhasil.

Baca juga artikel ini ya, Cara Convert CDA ke MP3 Dengan Mudah

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015