patartambunan.com                                          

Loading...

Change Drive Letter Pada Windows 7

Loading...

Change Drive Letter Pada Windows 7Drive letter adalah sebuah identitas atau suatu tanda atau assign yang diberikan untuk mengidentifikasi suatu drive pada hardisk di komputer kita. Atau secara simpelnya drive letter ini adalah nama yang kita berikan untuk setiap partisi dari hardisk.

Sebagai contoh pada saat anda menginstal sistim operasi windows, maka secara default tempat dimana windows tersebut diinstal akan berada pada drive C. Namun demikian walaupun secara default sistim telah memberikan drive tersebut dengan inisial C, berikutnya anda juga bisa menggantinya dengan nama yang lain.

Change Drive Letter Pada Windows 7

Mengatur penamaan atau inisialisai drive terkadang penting dilakukan, misalnya sistim windows anda berada pada drive C, kemudian data anda berada pada drive E atau F. Yang jadi pertanyaan mengapa drive D tidak digunakan untuk menamai drive data tersebut? kurang baik bukan jika drive D langsung dilangkahi ke drive E?

Perlu anda ketahui CD Drive/ DVD RW komputer anda akan menggunakan sebuah letter drive untuk menamai atau sebagai inisial untuk dirinya. Nah sebagai contoh, jika CD/DVD drive anda mempunyai inisial D sedangkan data-data anda berada pada drive E atau F, maka disini anda bisa menggantinya agar penamaan drive hardisk anda lebih teratur dimana drive letter D yang digunakan oleh CD/DVD drive anda ganti ke drive letter data anda. Atau singkatnya drive letter D untuk data, sedangkan E untuk CD/DVD drive.

Caranya cukup mudah, anda boleh ikuti seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Pergi ke All Programs, dan klik kanan pada Computer, selanjutnya klik Manage lihat gambar berikut ini.

manage-komputer

Berikutnya pada Computer Management perhatikan drive CD ROM/DVD anda, kemudian klik kanan dan klik Change Drive Letter anda Paths lihat gambar beikut ini.

change-drive-letter-cd-drive

Berikutnya ganti drive letter CD ROM/ DVD tersebut ke drive letter letter F atau lainnya, lihat gambar berikut ini.

change-drive-letter

Jika sudah selesai, sekarang CD/DVD drive anda sudah menggunkan drive letter F, dan berikutnya anad sudah bisa ganti drive letter tempat data anda yaitu E menjadi D, caranya tetap sama, anda tinggal pergi ke drive E anda, klik kanan pada drive E yang akan diubah tersebut dan klik  Change Drive Letter anda Paths dan pilih Change untuk mengubahnya ke drive lleter D, lihat gambar berikut ini.

change-drive-letter-e-ke-d

Jika sudah, maka sekarang anda sudah berhasil mengganti drive letter pada partisi hardisk anda.

change-drive-letter-berhasil

Bagaimana mudah bukan mengganti drive letter hardisk? Demikian dulu artikel Change Drive Letter Pada Windows 7 semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini Memperbaiki IP Address Conflict Pada Jaringan Komputer

Loading...
Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. Kalau ubah yang drive C apa ada efek ke drive E nya ya min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015