patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Flashdisk Tidak Terdeteksi Di Windows 7 Dan Cara Mengatasinya

Flashdisk tidak terdeteksi di windows 7 menjadi masalah yang umum dan sering ditemui.

Barangkali Anda pernah diburu waktu untuk menyalin sebuah dokumen dari flashdisk ke laptop atau komputer, tapi ternyata flashdisk tersebut tak bisa dibuka? atau tidak terbaca sama sekali?.

Tak ada waktu untuk mencari muasal masalah tersebut dan akhirnya malah membuat kita menyalahkan si flashdisk. Padahal bisa jadi hal itu karena sistim Windowsnya yang bermasalah.

Memang ada dua kemungkinan, mengapa flashdisk tidak terbaca, bisa jadi karena flashdisknya yang rusak atau ada gangguan pada sistem Windows dalam komputer anda.

Kemudian sekalipun dalam Window Explorer bisa terlihat, akan tetapi statusnya kuning dan itu berarti drivernya tidak terbaca sama sekali.

flashdisk tidak terdeteksi di windows 7

Kita tak bisa melakukan apa-apa untuk menginstall driver flashdisk, karena tak ada dari pabrikannya, serta cara yang ditempuh sangat rumit.

Namun demikian, bukan berarti tidak ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi di Windows 7.

Flashdisk Tidak Terdeteksi Di Windows 7 Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah:

Untuk mengatasi flashdisk yang tak terbaca karena Windows yang bermasalah, maka kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pastikan port komputer tidak bermasalah

Sebelum memvonis flashdisk rusak saat di colokkan ke komputer, pertama pastikan dulu port dimana flashdisk dicolokkan berfungsi normal.

Untuk mengecek baik atau tidak, silahkan ganti port tempat colokan usb, jika dengan cara ini berhasil, berarti port komputer andalah yang bermasalah.

2. Unisntall USB Driver

Jika cara pertama tidak berhasil, sekarang masuk ke Device Manager,lihat Universal Serial BUS controllers, klik kanan lalu klik uninstall.

cara memperbaiki flashdisk tidak terdeteksi

Kemudian cabut flashdisk dan masukkan kembali, biasanya akan muncul pemberitahuan sebagai device yang baru

Apabila belum berhasil juga, silahkan coba untuk memformat flashdisk tersebut di komputer atau laptop yang bisa membacanya. Atur sebagai FAT 32 atau NTFS.

Namun sebelum melakukan format, silahkan backup atau pindahkan data yang ada didalam flashdisk.

format flashdisk di windows 7

Biasanya cara ini akan berhasil untuk flashdisk dengan windowsnya yang bermasalah.

Sementara itu, ada juga cara lainnya yang bisa kita coba apabila cara yang sudah disebutkan di atas tidak berfungsi. Silahkan disimak di bawah ini :

1. Klik kanan pada My Computer > Manage

2. Setelah itu silahkan pilih disk management > storage, lantas klik kanan flashdisk tersebut. Jika flashdisk terbaca ofline, silahkan klik Online.

disk management online

Sekali lagi klik kanan > Change Drive Letter and Path > lalu add flashdisk.

3.Selesai.

Selain kedua cara yang bisa dilakukan di atas, kita juga bisa mencoba cara manual dari Windows.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan jika flashdisk tidak terdeteksi di Windows 7 yang memang sangat mudah :

– Masukkan flashdisk (pastikan tak ada masalah dengan port USB anda)

– Buka Start > Control Panel

– Pilih Switch to classic mode

– Klik “Add hardware” lalu akan muncul kotak dialog baru, dengan dua pilihan yaitu yes dan no. Silahkan pilih yes (Yes, I have already connected the hardware)

– Sistem kemudian akan mendeteksi perangkat baru, jika USB flashdisk sudah bisa dikenali oleh sistem maka akan muncul pemberitahuan seperti muncul menu autorun, ada pernyataan bahwa USB flashdisk mendukung koenksi USB yang lebih cepat, kemudian juga muncul ‘removable hardware’ pada system tray serta munculnya drive baru pada My Computer.

Jika salah satunya sudah muncul, maka pendeteksian tak perlu kita lanjutkan. Kita tinggal mengklik cancel pada tampilan berikutnya.

Tidak perlu panik jika flashdisk kita tak terbaca oleh laptop atau komputer anda. Karena beberapa penyebab flashdisk tidak terdeteksi di Windows 7 dan cara mengatasinya juga tidak sulit.

Semua cara yang disebutkan di atas aman untuk perangkat anda, baik itu untuk flashdisk maupun untuk komputer kita itu sendiri. Selamat mencoba!

Simak juga artikel: Cara Mengatasi RAM Penuh Pada Laptop

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015