patartambunan.com                                          

Loading...

Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer

Loading...

Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer

Artikel kali ini akan membahas Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer. Hub merupakan perangkat jaringan yang bertugas untuk menghubungkan beberapa komputer atau jaringan lainnya pada satu network. Hub sendiri bekerja pada protokol OSI layer 1 atau Physical Layer.

Dengan demikian Hub hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. Hub tidak mengenal MAC Addressing/Physical Addressing sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan sehingg dapat mengakibatkan collision yang  tidak bisa dihindari dalam penggunaannya.

Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer

1# Memfasilitasikan penambahan, penghilangan, atau penambahan workstation.

2# Menambah jarak network.

3# Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring, FDDI).

4#  Menawarkan featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan).

5# Memberikan menegement yang tersentralisasi (koleksi informasi, diagnostic).

Cara Kerja Hub

Hub pada dasarnya adalah sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.

Setiap host yang tersambung ke hub akan melihat paket ini tapi hanya host yang ditujukan saja yang akan memprosesnya. Ini dapat menyebabkan masalah network traffic karena paket yang ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke semua host (meskipun ia hanya diproses oleh salah satu yang ditujukannya saja).

Berikut dijelaskan kelebihan dan kekurangan hub serta karaketerisiknya pada jaringan komputer.

#Kelebihan Hub adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi pada jalur yang sama ,memiliki banyak port (4 sampai 24 port ditambah 1 untuk ke server atau hub yang lain.)

#Kekurangan Hub adalah karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dengan hub lainya.

#Karakteristik Hub
Perangkat Hub memiliki beberapa port yang dapat menerima kabel jaringan seperti kabel UTP atau coaxial. Hub memiliki banyak variasi ukuran, Hub dalam ukuran kecil dapat memiliki 4 port. Namun sebuah Hub besar dapat berisi 8, 12, 16, dan bahkan 24 port.

Hub dapat menghubungkan dan berfungsi agar seluruh komputer yang ada pada segmen tersebut dapat terhubung dan berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya dengan menggunakan konsep topologi jaringan.

Demikian artikel singkat untuk Fungsi HUB Pada Jaringan Komputer, semoga bermanfaat.





Loading...
Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015