patartambunan.com                                          

Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Fungsi Router Pada Jaringan Komputer ~ Router merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama ataupun berbeda.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan kita ulas apa itu router dan apa saja fungsi dari perangkat yang satu ini.

Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Pengertian router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang di gunakan untuk menggabungkan antara satu segmen jaringan dengan segemen jaringan komputer lainnya agar membentuk jaringan yang lebih luas.

Router akan bekerja untuk mengirimkan paket data yang di kirimkan komputer sumber ke tujuannya melalui jaringan internet dengan terlebih dahulu melewati proses routing. Pada layer OSI proses routing bekerja pada lapisan ketiga (layer 3).

Fungsi router

Fungsi utama dari perangkat router tentu saja adalah kemampuannya untuk membagi atau mendistribusikan IP address baik itu secara statis ataupun DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) ke pada semua komputer yang terhubung.

Dengan adanya IP address unik yang di bagikan router untuk setiap komputer akan memungkinan setiap komputer dapat saling terhubung dan melakukan komunikasi baik itu di jaringan LAN ataupun internet.

Saat ini perangkat router sudah lebih canggih, untuk mendistribusikan ip address ke setiap komputer di jaringan, router tidak saja hanya bisa menghubungkan dengan sambungan kabel LAN, melainkan teknologi wireless atau biasa kita dengar dengan akses point sudah sangat banyak di gunakan.

Dengan demikian setiap komputer, laptop, gadget atau smartphone yang berada di sekitar router akan bisa dengan mudah mengakses router tanpa perlu terhubung dengan kabel jaringan, cukup dengan memanfaatkan gelombang radio yang di pancarkan oleh router.

Cara Kerja Router

Router bekera dengan cara merutekan paket atau informasi yang dinamakan dengan routing.  Dengan teknik routing, perangkat ini mampu mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan di tuju, apakah berada pada satu network yang sama atau network yang berbeda.

Jika paket atau informasi yang di tuju mengarah ke network yang berbeda maka router akan meneruskannya ke network tersebut, sebaliknya jika paket yang di tuju adalah pada network yang sama maka secara cerdas juga router akan menghalangi paket keluar dan meneruskan paket tersbut hanya routing di network yang sama sampai paket terkirim ke tujuan.

Harga Router

Router ada beragam jenis dalam penggunaannya. Dalam jaringan berbasis teknologi TCP/IP umumnya IP Router sangat banyak di gunakan. Sellain IP Router, ada juga AppleTalk dan jenis router lainnya.

Dari segi harga tentu saja berbeda satu sama lain.  Sebagai contoh untuk router jenis D-Link Router ADSL2 di bandrol seharga Rp 209.000,-.

Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Untuk lebih jelasnya anda boleh berkunjung ke situs bhinneka.com untuk mengetahui harga dari berbagai jenis router. Demikian dulu  artikel Fungsi Router Pada Jaringan Komputer semoga bermanfaat untuk kita semua.

The previous article must read, Cara Setting Hotmail Di Outlook

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015