patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Cara Kerja Dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer

Switch Jaringan Komputer

Berikut artikel singkat mengenai Cara Kerja Dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer. Perangkat switch merupakan sebuah alat yang bertugas untuk menyaring atau filter dan melewatkan (mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah jaringan LAN.

Switch bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model, sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun.

LAN yang menggunakan switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.

Cara Kerja Switch

Ada dua arsitektur dasar yang digunakan yaitu: Cut-Through dan Store and Forward.

#1 Switch cut trough yang memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya.

#2 Switch store and forward merupakan kebalikan dari switch cut-through. Switch ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk meneriksa satu paket memerlukan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.

Switch dengan spesifikasi 10/100Mbps akan mengalokasikan 10/100Mbps penuh untuk setiap portnya. Jadi berapapun jumlah computer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki bandwidth penuh.

Fungsi Switch

Switch pada dasarnya mempunyai fungsi seperti Hub yaitu sebagai pembagi sinyal dan penguat sinyal pada jaringan komputer akan tetapi switch lebih canggih dari pada Hub karena Switch dapat mengenali alamat data yang harus ditransmisikan dan mampu mengatur lalu lintas data dalam jaringan secara lebih baik dibandingkan dengan Hub.

Switch juga merupakan titik percabangan dari proses transfer data sehingga jika switch mengalami masalah maka seluruh koneksi jaringan dan proses transfer data akan terganggu. Switch biasanya memiliki banyak port yang akan menghubungkan ke jaringan komputer dan port – port tersebut akan berhubungan dengan konektor RJ 45.

Demikian dulu artikel singkat Cara Kerja Dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat.





Share This -->

2 Comments

Add a Comment
  1. excellent information. thanks for this useful tools. finally I can control and manage my all computer at home

    1. george@ you are welcome bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015