patartambunan.com                                          

Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Over

Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Over ~ Bagi anda yang bergelut dibidang IT, tentu tidak asing lagi dengan kebel UTP atau biasa disebut dengan Unshielded Twisted Pair.

Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari jenis bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.

kabel utp

Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki warna berbeda. Fungsi kabel UTP yaitu di gunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer.

Nah, apabila anda ingin membangun sebuah jaringan LAN, maka sebelum kebel tersebut bisa digunakan untuk menghubungkan antar komputer, maka pertama anda perlu melakukan crimping pada kabel UTP tersebut.

Untuk membuat Kabel UTP anda harus memepersiapakan alat-alat sebagai berikut :

 #1 Tang Crimping

Tang-Crimping

Tang Crimping digunakan untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor RJ45, dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel, alat ini bentuknya hampir sama dengan tang biasa yang sering kita lihat atau temui.

#2 Kabel UTP

kabel-utp

Kabel UTP di gunakan untuk menghubungkan antar komputer sehingga dapat saling terhubung dan saling berkomunikasi. Dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni yang tentunya mempunyai fungsi masing-masing.

#3 Konektor RJ-45

rj45

Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP apabila tidak maka Kabel UTP tidak akan berguna.

#4 LAN Tester

Lan Tester

LAN Tester adalah alat untuk menguji hasil crimping kabel, kalau crimpingan salah maka lampu di LAN Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di LAN Tester akan menyala dengan otomatis, jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan kita.

Perbedaan Kabel Straight dan Cross Over

Sebelum kita mulai membuat kabel jaringan tipe straight dan cross over ada baiknya kita mengetahui fungsi dan perbedaan dari masing-masing kabel. Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:

 susunan kabel straight utp

  Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut

  1. Menghubungkan antara komputer dengan switch
  2. Menghubungkan komputer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router

Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross.

susunan kabel cross-over utp

 Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut

  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

Demikianlah perbedaan kedua jenis kabel straight dan cross over, dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut langkah-langkah untuk membuat kabel UTP straight dan cross over.

Cara Membuat kabel UTP Straight

1# Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm, lihat gambar berikut ini.

kupas-kabel-utp

2# Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar gambar.

3# Setelah urutannya sesuai standar untuk pembuatan kabel UTP Straigth , sekarang potong dan ratakan ujung kabel, jika belum terlihat rata luruskan kembali dan potong dengan cutter tang crimping agar kabel terlihat lurus dan rapi.

Ujung-kabel-utp

4# Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi sebagai berikut:

 benar-utp-ku

 

susunan-rj45

5# Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel, biasanya akan terdengar suara “klik” pada saat tang crimping di tekan kuat ke RJ45, lihat gambar berikut ini.

 crimp-rj45

6# Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain dengan cara yang sama.

7# Langkah terakhir adalah mengecek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing-masing port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.

Cara Membuat Kabel Cross UTP

Membuat kabel tipe cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel straight, perbedaan hanya terletak pada urutan warna dari kedua ujung kabel. Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna sama di kedua ujung kabel, kabel cross memiliki urutan warna yang berbeda pada kedua ujung kabel.

 Ujung pertama sama dengan kabel straight:

  1. Orange Putih pada Pin 1.
  2. Orange pada Pin 2.
  3. Hijau Putih pada Pin 3.
  4. Biru pada Pin 4.
  5. Biru Putih pada Pin 5.
  6. Hijau pada Pin 6.
  7. Coklat Putih pada Pin 7.
  8. Coklat pada Pin 8.

Untuk ujung kabel yang kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapun susunan warnanya adalah sebagi berikut:

susunan kabel utp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Hijau Putih pada Pin 1.
  2. Hijau Putih pada Pin 1.
  3. Hijau pada Pin 2.
  4. Orange Putih pada Pin 3.
  5. Biru pada Pin 4.
  6. Biru Putih pada Pin 5.
  7. Orange pada Pin 6.
  8. Coklat Putih pada Pin 7.
  9. Coklat pada Pin 8.

Setelah kabel tersusun, lakukan crimping seperti langkah dalam membuat kabel utp straight. Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang ke konektor RJ-45 dengan benar yang terlihat rapi.

benar-crimp

 

Berikut sebuah gambar hasil pemasangan crimping kabel utp yang terlihat kurang rapi, disarankan sebelum melakukan crimping pastikan dulu kabel telah tersusun dan dipotong dengan rapi, kemudian setelah susunan kabel terlihat benar masukkan kedalam RJ-45, jika kabel terlihat banyak sisa alias kepanjangan, anda boleh keluarkan kembali kemudian potong kabel hingga terlihat rapi pada saat dimasukkan ke RJ-45 kemudian lakukan crimping dengan memasukkan RJ-45 ke lubang tang crimping dan menekannya kuat hingga terdengar suara klik.

 

Crimping Bad

Demikian tutorial Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Over untuk kita ketahui terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga dapat membantu anda.

Share This -->

2 Comments

Add a Comment
  1. makasih atas artikel nya yg mantap dan bermutu. hanya dengan menbacanya saya jadi sangat paham seakan sudah saya praktekkan sendiri. kalau ada tips trik dll seputar komputer saya sgat bersedia sekali kalau berkenan share ke email saya. trima kasih

    1. Makasih untuk komentarnya mas taufik.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015