patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Mengatasi Apache Port 80 Busy Dengan Cepat dan Mudah

Mengatasi Apache Port 80 Busy Dengan Cepat dan Mudah – Bagi orang yang belajar pembuatan web, tentu tidak asing lagi dengan Apache.

Jika kebetulan kamu belum paham apa itu Apache, silahkan baca dulu artikel sebelumnya yang membahas pengenalan Apache.

Baca: Apa itu Apache? Berikut Penjelasannya

Oke, tanpa berlama waktu di artikel ini kita akan mengulas bagaimana cara mengatasi Apache port 80 busy dengan cepat dan mudah.

Apache port 80 busy

Gambar: Port 80 Apache busy

Biasanya Apace akan kita install bersamaan satu paket dengan MySql dan PHP yang telah di bundle di dalam software Xampp.

Jika belum punya software Xampp, silahkan download terlebih dahulu di situs resminya https://www.apachefriends.org/index.html

Seperti biasa untuk menjalankan service Apache, pertama kita harus membuka Xampp control panel dan menekan tombol Start agar Apache service dapat berjalan.

Saat menjalankan service Apache, yang sering jadi masalah adalah tidak dapat koneknya port 80 default Apache, atau dengan kata lain port tersebut dalam status busy (sibuk). Perlu kita ketahui, secara default Apache menggunakan port di atas.

Sementara itu port 80 yang di gunakan Apache secara default seringkali sudah terpakai oleh aplikasi lain, dan itulah penyebabnya mengapa Apache tidak bisa di jalankan.

Aplikasi yang sering menjadi penyebab tidak berjalannya Apache di port 80 adalah, telah terinstalnya aplikasi lain yang mungkin menggunakan port yang sama seperti layanan Skype, VNC Viewer, Yahoo dan aplikasi lainnya.

Nah, jika kebetulan port 80 tersebut sudah terpakai, maka untuk menjalankan apache anda perlu menggunakan port lain yang belum terpakai seperti port 86,87,88, 8080 dan lainnya.

Untuk mengganti port default Apache, silahkan buka folder xampp, apache, conf dan buka file yang bernama httpd.conf

Berikut letak directory file httpd.conf: C:\xampp\apache\conf

Jika folder httpd.conf telah terbuka di notepad anda, sekarang cari tulisan yang bernama listen. Untuk memudahkan pencarian, silahkan tekan Ctrl + F di notepad, dan ketikkan kata listen untuk di cari.

mengatasi port apache busy

Kemudian gantikan listen port 80 menjadi listen 88. Kalau sudah di rubah, jangan lupa untuk save. Perhatikan gambar di atas.

Sekarang buka lagi Xampp, dan klik tombol start untuk menjalankan service Apache.

Mengatasi Apache Port 80 Busy Dengan Cepat

Jika service Apache masih tidak bisa atau busy saat di coba start, anda tinggal ubah lagi port listen seperti di atas sampai mendapakan port yang belum di gunakan oleh aplikasi lain.

Oke demikian dulu artikel untuk hari ini, semoga bisa membantu. Silahkan tinggalkan komentar jika anda masih mengalami masalah dengan sevice Apache.

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015