patartambunan.com                                          

Mengenal Apa Itu Malware Dan Jenis-Jenis Malware

Mengenal Apa Itu Malware Dan Jenis-Jenis Malware ~ Malicious Software atau biasa disebut dengan malware merupakan sebuah program/software jahat yang sengaja dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu oleh pembuatnya yang dapat mengakibatkan berbagai kerugian pada pengguna yang menjadi sasaran dari pembuat malware tesebut.

Mengenal Apa Itu Malware Dan Jenis-Jenis Malware

Kata malware murupakan istilah umum yang digunakan untuk software atau program yang dirancang yang bertujuan menyusup atau merusak sebuah sistim komputer secara diam-diam.

Bagi banyak orang kata malware mungkin kurang begitu sering terdengar, sebaliknya yang paling sering mereka dengar dan sebut ketika ada program atau aplikasi yang menginfeksi atau merusak data mereka adalah sebutan virus.

Anggapan tersebut tentu saja salah yang seolah-olah menganggap bahwa malware dan virus itu sama. Malware sendiri merupakan nama kelompok yang tentunya kelompok tersebut mempunyai banyak jenis, sedangkan virus merupakan sebuah identitas atau nama nama diri, virus merupakan anggota dari malware itu sendiri.

Nah sudah jelas kan perbedaan malware dengan virus? Dibawah ini akan dijelaskan jenis-jenis dari malware komputer.

1# Virus
Virus merupakan salah satu jenis malware yang dibuat untuk tujuan tertentu seperti merusak file, menggandakan diri, merubah file, menghapus atau mersak sistim operasi.

Virus dapat bekerja dengan bantuan pihak ketiga atau pengguna komputer, biasanya virus akan sangat cerdik untuk masuk ke komputer korban yaitu dengan cara menyusup ke berbagai file yang tidak mencurigakan, kemudian ketika pengguna membuka atau mengaktifkan file tersebut saat itulah virus akan melakukan aksinya untuk menginfeksi komputer korban.

2# Worm
Worm atau disebut cacing komputer merupakan program yang mempunyai kemampuan untuk menggandakan dirinya sendiri ke komputer korban dan meletakkan dirinya ke semua drive yang terhubung dengan komputer tersebut. Worm dapat bekerja melakukan aksinya tanpa bantuan dari pihak ketiga atau pengguna komputer tersebut.

3# Spyware
Sesuai dengan namanya spyware merupakan program yang bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui aktivitas-aktivitas atau kebiasaan pengguna komputer, kemudian program spyware akan mengirimkan informasi yang didapatkannya ke pembuat spyware tersebut, tentunya si pembuat spyware tersebut sudah melakukan pengaturan terlebih dahulu agar dapat mengirimkan informasi yang didapatkannya.

4# Adware
Adware merupkan program atau aplikasi berupa iklan yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuat program kepada penggguna komputer, biasanya adware tersebut akan berpura-pura melakukan aksi seakan-akan menemukan virus berbahaya dalam komputer korban dan akan memunculakn iklan popup untuk menganjurkan pengguna membeli produk yang telah dibuat baik berupa anti virus ataupun produk lainnya.

5# Trojan
Trojan atau disebut kuda troya merupakan program yang secara diam-diam menyusup masuk ke dalam komputer, kemudian memfasilitasi program lain seperti virus, adware, spyware, keylogger dan malware jenis lainnya untuk masuk dan merusak sistim.

Dengan bantuan trojan maka akan memungkinkan orang lain untuk meremote dan mencuri inforami seperti password dan nomor kartu kredit anda.

6# Keylogger
Keylogger merupakan program yang dapat memantau dan merekam penekanan tombol pada keyboard pengguna komputer, sehingga pembuat keylogger tersebut dapat mengetahui informasi penting seperti password dan informasi apapun yang anda ketik.

7# Rootkit
Rootkit merupakan program yang menyusup ke dalam sistim komputer, bersembunyi dengan cara menyamar sebagai bagian dari sistim misalnya menempel pada patch, keygen, crack dan lainnya. Lalu kemudian mengambil alih untuk memantau kerja sistim yang disusupinya. Rootkit juga dapat mencuri data yang lalu lalang di jaringan, melakukan keylogging, mencuri cookies akun bank dan lain-lain.

8# Phishing
Phising merupakan salah satu bentuk penipuan untuk memperoleh informasi pribadi pengguna komputer seperti user id, password, ATM, kartu kredit dan sebagainya.

Phising saat ini banyak ditemui di internet seperti penipuan dengan cara membuat alamat website palsu dan alamat email palsu, korbannya juga tidak main-main, pernah dengar kan kasus perbankan yang menimpa BCA kan?.

Pada saat itu dunia perbankan di kejutkan oleh seorang hacker lokal asal Bandung yang sengaja membuat situs asli tapi palsu layanan internet banking Bank Canteral Asia (BCA) www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA).

Hacker lokal tersebut membeli domain-domain dengan nama mirip dan hampir sama dengan BCA yaitu domain wwwklik-bca.com, kilkbca.com, clikbca.com, klickca.com. dan klikbac.com.

Isi dari situs tersebut nyaris sama dengan aslinya kecuali tidak adanya security untuk bertransaksi dan adanya formulir akses (login form) palsu.

Jika nasabah BCA salah mengetik situs BCA asli maka nasabah tersebut masuk perangkap situs palsu yang dibuat oleh hacker lokal tersebut sehingga identitas pengguna (user id) dan nomor identitas personal (PIN) dapat di ketahuinya. Pada saat itu diperkirakan 130 nasabah BCA tercuri datanya.

9# Browser Hijacker
Browser Hijacker dirancang untuk mengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain. Browser Hijacker juga mampu menambahakan bookmark, mengganti homepage, serta mengubah pengaturan browser, tentu hal ini dirancang untuk berbagai tujuan tertentu oleh pembuatnya.

10# Backdoor
Sesuai dengan namanya backdoor seperti ibarat lewat melalui jalan pintas atau pintu belakang.

Dengan melanggar aturan prosedur malware jenis ini berusaha untuk masuk ke dalam sistim untuk mengakses sumberdaya serta file tanpa melalui atau melewati proses autentikasi normal atau biasa dikenal dengan login. Masuknya program backdoor seringkali disisipkan melalui trojan dan worm.

Demikianlah pengenalan malware dan jenis-jenis malware untuk kita ketahui. Perlu diingat pada era informasi saat ini perkembagan teknologi informasi begitu cepat dan canggih.

Banyak orang yang memanfaatkan keahlian yang dia miliki untuk tujuan positif tetapi tak banyak juga diantara mereka yang menggunakan keahlian yang dia miliki untuk tujuan negatif atau cracker yang tentunya dapat merugikan banyak orang.

Untuk mencegah hal tersebut tentu ada baiknya kita selalu mau untuk menambah pengetahuan tentang keamanan komputer agar kita paham bagimana mencegahnya.

Untuk melindungi komputer dari serangan malware maka sebaiknya anda menggunakan perlindungan atau proteksi pada sistim yang anda gunakan seperti dengan mengaktifkan firewall komputer, menggunakan proxy, anti malware anti virus dan lain sebagainya.

Demikian artikel Mengenal Apa Itu Malware Dan Jenis-Jenis Malware semoga bermanfaat.

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015