patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Mengetahui Jenis Jenis RAM Komputer

Mengetahui Jenis Jenis RAM Komputer ~ RAM atau Random Access Memori merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat menyimpan atau menampung data sementara, jadi ketika sebuah instruksi diberikan kepada komputer, maka RAM akan segera menangkap data tersebut untuk disimpan sementara sebelum di ambil dan di eksekusi oleh processor.

Ram Komputer

Setiap program dan data yang sedang diproses oleh processor akan disimpan dalam memori RAM. Data dan program tersebut akan tersimpan selama komputer tersebut masih dalam keadaan hidup dan akan hilang pada saat komputer di restart atau dimatikan.

Oleh sebab itu sebelum anda berniat untuk melakukan restart ulang atau mematikan komputer ada baiknya data yang penting yang masih tersimpan sementara tersebut, disimpan terlebih dahulu kedalam memori yang bersifat permanan seperti harddsik atau flashdisk, sehingga data tersebut bisa dibuka kembali kapanpun kita membutuhkannya.

RAM disebut sebagai  Random Access Memori karena cara pengaksesan terhadap lokasi-lokasi didalamnya dilakukan secara random atau tidak sekuensial atau berurutan.

Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras, RAM juga melakukan upgrade teknologi yang kian hari semakin canggih dimulai dari bentuknya yang semakin kecil sampai dengan kapasitas memorinya yang semakin besar.

Berikut beberapa jenis-jenis RAM pada komputer:

1#RAM

ram generasi pertama

Ditemukan pertama kali oleh Robert Dennard, dan di produksi besar-besaran pada tahun 1968, dari sinilah sejarah RAM bermula. RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik). RAM generasi pertama ini menggunakan slot 30 pin pada motherboard.

2# DRAM

dram
Pada tahun 1970 IBM menciptakan sebuah memory yang di namai DRAM. DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory, DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.

3# FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)

FPM-RAM
Merupakan model memory DRAM yang sudah berumur tua yang merupakan hasil pengembangan SIM RAM dan merupakan nenek moyangnya RAM, meemory yang satu ini ditemukan pada tahun 1987. RAM ini masih banyak sekali kekurangan dari segi kecepatan maupun kemampuan menampung datanya.

Memiliki 30 pin kaki (jumlah lempengan kuningan memory atau slot), hanya dapat berjalan pada clock Maximum 16 Mhz sampai 66 Mhz dengan kecepatan aksesnya kurang lebih 50 ns. Hal ini menyebabkan akses pemoresesan data dalam memory menjadi sangat lambat, jenis RAM yang satu ini banyak ditemui pada komputer intel 386.

4# EDO RAM (Extended-Data-Out RAM)

Edo-Ram
Memory yang satu ini ditemukan pada tahun 1995 yang merupakan hasil pegembangan dari FPM RAM. Dapat berjalan pada clock 33-66 mhz dan memiliki 72 pin kaki. Hanya saja terdapat tambahan teknologi baru. Dalam chip dimasukan Chace yang sangat membantu dalam waktu akses pemrosesan data dari RAM tersebut.

EDO RAM mengalami peningkatan kecepatan hampir 40-50% jika dibandingkan dari FPM RAM pendahulunya. Jenis ini sudah tidak digunakan lagi pada saat ini. EDO RAM banyak dipakai pada komputer intel 486.

5# SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)

sd-ram
Merupakan model atau type memory yang paling bertahan lama. Ini disebabkan oleh lamanya RAM ini beredar di pasaran dan tak tergantikan oleh jenis memory yang baru.

Dari pertama munculanya tahun 1996 sampai sekitar tahun 2001 masih saja digunakan oleh platfrom dari mainboard yang dikeluarkan pada saat itu, dari komputer Pentium I,II,III, sampai pada awal kemunculan komputer Pentium IV.

RAM ini jalan pada clock FSB 100-133 mhz, 168 pin dan memakai daya listrik sebesar 3.3 Volt dan memiliki kemampuan untuk mensingkronkan clock yang terdapat pada memory tersebut dengan clock pada processor.

Hal ini menyebabkan system dalam komputer dapat berjalan seimbang dengan kata lain waktu pemoresesan data menjadi lebih cepat dan efesien.

6# RD RAM (Rambus Dynamic RAM)

rd-ram

 

RAM yang satu ini dikembangkan oleh perusahaan Rambus yang memiliki karakteristik mampu berjalan pada clock FSB 800/1066, 184-pin ,dan menggunakan daya listrik sebesar 2.5 Volt. Perbedaan utama dibanding DDR RAM terletak pada bagaimana cara memory ini mengolah datanya. Pada RD RAM data di olah secara Serial sedangkan DDR RAM mengolah datanya secara pararel.

RD RAM lah yang pertama kali memakai teknologi Dual Channel. Walau memiliki performa yang bagus RD RAM sudah jarang digunakan lagi karena harganya tergolong mahal. RD RAM pertama dikeluarkan pada tahun 1999.

7. DDR RAM (Double Data Rate RAM)

ddr3-vs-ddr2-ram
Memory ini memilki karakteristik clock FSB 266/333/400 MHz, 184-pin, 2.5 Volt, yang di pakai pada komputer berplatfrom Pentium IV ke atas atau sejenisnya. Merupakan hasil regenerasi dari SD RAM, memiliki kecepatan 2x dari SDRAM sesuai dengan namanya Double Data Rate hal ini disebabkan dalam 1 clock mampu membawa/mengakses jumlah data sebanyak 2 bit di banding SD RAM yang hanya mampu menampung data sebesar 1 bit per clocknya.

Memory ini dibuat untuk menyaingi RD RAM memori yang sudah terlebih dahulu keluar dan sekarang sudah menjadi penguasa pasar. Perkembangan memory ini pun tergolong cepat, sekarang saja sudah sampai generasi ke lima (DDR , DDRII, DDRIII, DDR IV, DDR V).

Demikian postingan Mengetahui Jenis Jenis RAM Komputer semoga dapat membantu anda.

Share This -->

2 Comments

Add a Comment
  1. helo,mcm mna nk jdi juruteknik yg baik?

    1. man@ keep learn and trying man.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015