patartambunan.com                                          

Mengganti Switch Yang Rusak Di Jaringan Komputer

Mengganti Switch Yang Rusak Di Jaringan Komputer – Halo sobat blogger, apa kabar.. semoga anda semua dalam keadaan baik dan masih tetap semangat. Kali ini penulis ingin mengulas artikel yang membahas cara mengganti switch yang rusak.

Router D-Link 24-Port Gigabit Switch

Seperti kita ketahui switch berfungsi untuk membagikan sinyal ataupun sebagai penguat pada jaringan yang dapat mengenali alamat data, mentransmisikan, serta dapat mengatur lalu lintas data dalam jaringan.

Fungsi switch sebenarnya hampir sama dengan hub yaitu berfungsi sebagai terminal dari bebarapa port guna menghubungkan antar komputer di dalam jaringan, namun switch memiliki kemampuan yang lebih canggih di bandingkan hub.

Baca artikel: Cara Kerja Dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer

Oke, langsung saja.. kali ini kebetulan juga penulis menemukan masalah switch yang mengalami gangguan di dalam jaringan.

Sebelum memvonis bahwa switch mengalami kerusakan, ada baiknya kita lakukan beberapa percoban seperti berikut.

1. Pastikan router anda bekerja normal dan bisa mendistribuskian ip address. Jika router mengalami gangguan seperti tidak bisa membagikan ip address, tentu saja semua komputer yang ada di jaringan anda tidak akan bisa terhubung baik itu di jaringan lokal ataupun internet.

Router-D Link

2. Periksa kabel utp yang mengarah dari rotuter ke switch. Ada kalanya kabel utp juga mengalami masalah, seperti kabel tergigit tikus, terpotong, ataupun konektor RJ-45 tidak terpasang dengan benar.

Kabel UTP LAN

3. Cek apakah komputer yang tersambung dari port switch bisa melakukan komunikasi atau mendapatkan ip address. Jika beberapa komputer bisa konek normal dan tetap stabil namun beberapa komputer lainnya bermasalah, maka anda patut mencurigai perangkat hub ataupun adanya port switch yang tidak berfungsi sehingga sinyal data tidak bisa di transmisikan.

4. Berikutnya masalah yang saya temukan pada switch yang akhirnya saya berikan kesimpulan bahwa switch bermasalah, adalah tidak bisanya seluruh komputer melakukan komunikasi walaupun  mendapatkan ip address .

Jika komunikasi di lakukan atau di direct langsung dengan menghubungkan dari port router ke komputer maka komputer tersebut akan bisa terhubung dan mendaaptkan ip address, baik itu menggunakan kabel utp ataupun wireless.

Secara sederhana untuk mendeteksi kerusakan switch dapat dilihat dari lampu indikator setiap port, jika lampu menyala serta berkedip atau blink biasanya mengindikasikan bahwa jaringan bekerja, sebaliknya jika lampu indikator mati dan tidak ada blink, itu artinya komputer atau port tidak aktif.

Awalnya saya sendiri belum berani memastikan bahwa switch yang di gunakan tersebut mengalami kerusakan karena ada saatnya dalam beberapa menit seluruh komputer bisa terhubung dan melakukan komunikasi dengan normal, dan selang beberapa menit jaringan akan down kembali dalam waktu yang lama.

Setelah jaringan down dalam waktu lama, akhirnya saya memutuskan untuk segera mengganti switch baru menggunakn 24 port seperti sebelumnya. Berikut gambar D-Link 24-Port Gigabit Switch yang saya beli di salah satu penyedia komputer peripheral. Jika di cek di bhinneka.com harga D-Link 24-Port Gigabit Switch ini sekitar Rp 1.5 juta,-

Router D-Link 24-Port Gigabit Switch

Untuk memasang switch yang baru, sekarang kita pasangkan terlebih dahulu pengait switch agar bisa di letakkan dan di kunci di dalam rak server jaringan. Jika sudah, masukkan switch baru ke rak server jika anda memang menggunakan rak server ^^.

Memasang Switch D-Link 24-Port Gigabit Switch

Berikutnya unplug atau cabut semua kabel utp yang terpasang di switch yang mengalami masalah kemudian plug atau colokkan ke swich yang baru. Hidupkan power switch dan sambungkan kabel utp dari router ke salah satu port switch agar semua port yang terhubung mendaptkan ip address.

Dan sekarang..tadaaaaa…seluruh komputer yang ada di jaringan sudah bisa bekerja normal dan konek kembali tanpa mengalami masalah.

Demikian dulu artikel mengenai pengalaman saya mengganti switch yang rusak di jaringan komputer semoga bermanfaat untuk anda semua. Silahkan tambahkan komentar untuk mendiskusikan masalah yang sering anda temui di perangkat switch.

Previous article must read Cara Daftar Apple ID Tanpa Kartu Kredit

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015