patartambunan.com                                          

Loading...

Pengertian CMOS dan Fungsi CMOS Komputer

Loading...

Pengertian CMOS dan Fungsi CMOS Komputer ~ Mendengar kata CMOS mungkin sepertinya kurang familiar bagi anda, tapi bagi seorang teknisi komputer CMOS merupakan perangkat kecil yang penting untuk diketahui fungsinya, sehingga bila terdapat kerusakan yang merujuk ke CMOS akan dengan segera dapat diperbaiki.

Untuk itu kali ini kita akan mengulas apa itu CMOS dan apa saja fungsinya pada komputer serta kerusakan apa saja yang dapat terjadi jika baterai CMOS tidak berfungsi.

Pengertian CMOS dan Fungsi CMOS Komputer

CMOS atau Complementary Metal Oxide Semiconductor merupakan sebuah baterai yang ditanamkan di setiap motherboard komputer untuk memberi daya pada saat komputer dalam keadaan mati.

CMOS berfungsi sebagai sebuah RAM yang berukuran kecil 64 byte yang digunkanan untuk menyimpan settingan BIOS saat komputer dimatikan. CMOS sendiri merupakan perluasan teknologi dari MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai yang cukup rendah.

Dalam komputer, CMOS ini digunakan untuk menyimpan informasi dasar seperti program konfigurasi, program diagnostik dan settingan informasi tanggal dan waktu yang tidak akan hilang meskipun komputer anda matikan.

Pada komputer yang telah digunakan dalam waktu lama katakanlah lebih dari 5 tahun biasanya baterai CMOS akan lemah dan sering mengalami masalah.

Adapun kerusakan yang diakibatkan oleh CMOS salah satunya adalah terjadinya sistim penanggalan yang tidak tepat, meskipun tanggal dan waktu komputer anda di setting berkali kali dengan benar, tapi pada saat komputer dihidupkan kembali maka tanggal tersebut menjadi salah lagi.

Berikutnya masalah yang sering terjadi juga akibat dari CMOS yang sudah bermasalah adalah munculnya pesan pada layar monitor anda ketika komputer mulai dihidupkan dengan memberikan peringatan agar menekan tombol F2 di keyboard anda, dan apabila anda menekan F2 tersebut maka anda akan diarahkan ke pengaturan BIOS, sangat merepotkan bukan jika tiap kali anda menghidupkan komputer dan pesan yang sama selalu muncul?

Kerusakan lainnya adalah tidak munculnya gambar sama sekali pada layar monitor ketika komputer dinyalakan atau di restart, meskipun kerusakan yang satu ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh CMOS tapi dalam beberapa kasus anda patut memberi kecurigaan dan pemeriksaan pada baterai CMOS.

Bagaimana memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh baterai CMOS tersebut? Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat dan mudah bagaimana cara mengatasi kerusakan yang disebabkan baterai CMOS tersebut.

1# Bukalah cashing CPU anda dengan obeng pembuka dan perhatikan pada motherboard anda letak dari baterai CMOS.

2# Buka atau cabut keluar baterai CMOS tersebut dan saatnya untuk melakukan Clear CMOS dengan cara membiarkannya selama 5 menit atau 10 menit agar pengaturan pada sistim CMOS kembali ke settingan default, lihat gambar berikut ini sebuah komputer yang baterai CMOS nya dicabut keluar.

buka-baterai-cmos-komputer

3# Jika sampai disini masalah belum berhasil juga diatasi maka ada baiknya anda mengganti baterai CMOS tersebut dengan yang baru, karena harga dari sebuah baterai CMOS cukup murah di pasaran.

4# Dengan cara diatas biasanya kerusakan yang timbul akibat CMOS yang bermasalah sudah dapat diatasi, jika sudah selesai tutup kembali cashing cpu anda.

Demikian ulasan Pengertian CMOS dan Fungsi CMOS Komputer beserta cara memperbaiki kerusakan akibat dari CMOS yang bermasalah, dengan mengetahui apa itu CMOS dan apa fungsinya dan cara memperbaikinya, tentu kita harapakan agar masalah pada komputer yang merujuk pada kerusakan CMOS dapat diatasi.

Sekian dulu artikel Pengertian CMOS dan Fungsi CMOS Komputer terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Loading...
Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. mas mau tanya kalo Komputer saat dihidupkan tidak keluar booting tapi malah langsung masuk ke CMOS (warnanya biru). apa itu yang dimaksud terimkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015