patartambunan.com                                          

Loading...

Pengertian DNS dan Fungsi DNS Jaringan Komputer

Pengertian DNS dan Fungsi DNS Jaringan Komputer ~ Domain Name System atau disingkat DNS merupakan Distribute Database System yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang menggunakan TCP/IP.

DNS juga merupakan sebuah aplikasi servis yang biasa digunakan di jaringan internet untuk menerjemahkan sebuah domain ke ip address.

Pengertian DNS dan Fungsi DNS Jaringan Komputer

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan serta bagaiman cara kerja DNS dalam jaringan internet.

Kelebihan DNS

1. Dengan menggunakan DNS akan memberikan kemudahan bagi user karena dengan DNS maka user tidak perlu untuk mengingat ip address sebuah komputer, tapi cukup dengan mengingat komputer host name saja.

2. Konsisten, IP address sebuah komputer boleh berubah tapi host name yang digunakan tidak boleh berubah.

3. DNS server mudah untuk untuk di konfigurasi oleh administrator.

Kekurangan DNS

1. User tidak dapat menggunakan banyak nama untuk mencari nama domain baik di internet maupun di intranet.

2. DNS tidak mudah untuk di implementasikan.

3. DNS tidak bisa membuat banyak nama domain.

Bagaimana Cara Kerja DNS

DNS bertugas untuk menerjemahkan nama komputer ke bentuk IP addrress atau memetakan nama komputer menjadi IP Address. Client DNS disebut resolvers dan DNS Server disebut dengan name servers. Resolver atau client mengirimkan permintaan ke name servers berupa queries.

Name servers akan memproses dengan cara mengecek ke local database DNS, dan bila mana yang dicari tidak terdapat di local database, maka name servers tersebut akan menghubungi name servers lain atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tiidak ditemukan.

Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan client diproses dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP Address.

Prinsip kerja dari DNS

Resolvers mengirimkan queries ke name server yang kemudian Name server mencek ke local database, atau menghubungi name server lainnya. Jika ditemukan maka akan diberitahukan ke resolvers dan jika tidak maka akan mengririmkan failure message. Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP Address yang diberikan name server.

Resovers akan menjawab dengan dua cara, yaitu:

1. Melihat isi cachenya sendiri apabila pertanyaan tersebut pernah ditanyakan dan jawabannya disimpan dalam cache miliknya.

2. Bertanya/query kepada dns server lokal serta menginterpretasikan hasilnya.

Pendukung kinerja sistem DNS

1. DNS Resolver, merupakan sebuah program DNS client yang dijalankan pada komputer user dan menghasilkan DNS request untuk keperluan program aplikasi. Resolver adalah bagian dari program aplikasi yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan program aplikasi tentang domain.

2. Recursive DNS server, yang akan meneruskan pencarian DNS melalui respons (balasan) query dari resolver, dan mengembalikan jawaban ke resolver.

3. Authoritative DNS server, adalah bagian yang menangani jawaban-jawaban keluar ke query dari recursor, pada tiap-tiap bagian jawaban, atau bagian dari penunjukan/penyerahan seperti penyerahan ke authorithative DNS server yang lain.

Bagaimana melihat DNS komputer

Untuk melihat DNS komputer jaringan anda caranya cukup mudah, anda boleh pergi ke Open Network and Sharing Center –> klik Connection jaringan internet anda dan klik Details, disana akan anda lihat detail DNS komputer anda, lihat gambar berikut ini klik untuk melihat ukuran penuh.

 cara-cek-dns-komputer

 

Dari gambar diatas anda dapat melihat alamat DNS yang digunakan pada komputer tersebut. DNS tersebutlah yang digunakan pada saat komputer merequest sebuah situs di jaringan internet.

Demikian ulasan Pengertian DNS dan Fungsi DNS Jaringan Komputer untuk kita ketahui sehingga kita semakin paham bagaimana sebuah komputer terhubung ke jaringan internet dan membuka alamat situs.

Sekian artikel Pengertian DNS dan Fungsi DNS Jaringan Komputer semoga bermanfaat untuk anda.

Share This -->

3 Comments

Add a Comment
  1. salam hormat

    saya mempunyai pertanyaan.

    saya mengikuti tender proyek pemerintah,

    saya memegang 3 perusahaan yang berbeda wilayah. yg akan didaftarkan/di upload dokumen perusahaannya melalui LPSE. dan LPSE dapat membaca dari mana asal/wilayah saya meng-upload dokumen tersebut.

    dan pertanyaan nya adalah, bagaimanakah saya bisa meng-upload dokumen tersebut dari wilayah yang sama tetapi LPSE membaca saya dari wilayah yang berbeda.

    misalnya saya meng-upload 3 dokumen perusahaan tersebut dari jakarta timur, tetapi LPSE tersebut membaca saya dari tempat atau wilayah berbeda.

    mudah2an saya bisa menemukan jawaban di website ini.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    salam hormat

    1. @Ilam, coba pasang add-on anonymoX di browsernya mas..entar ip address, ISP, dan kota sumbernya akan jadi tersembunyi, dgn begitu akan sulit untuk diketahui sumber asalnya. semoga bisa membantu.Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015