patartambunan.com                                          

Loading...

Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce

Loading...

Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce ~ Dalam dunia internet mungkin anda sudah sering mendengar istilah e-commerce bukan? Khususnya bagi mereka para pelaku online bisnis seperti jual beli secara online, marketing online, pembayaran online yang dilakukan secara elektronik seperti internet maka aktivitas tersebut bisa dikatakan sebagai e-commerce.

Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce

Untuk memperjelas apa itu e-commerce serta manfaat dan keuntungannya dibawah ini akan dijelaskan secara singkat.

Pengertian E-Commerce

E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.

E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.

Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.

Jenis E-Commerce

Ada beberapa jenis e-commerce yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet seperti di jelaskan di bawah ini.

1# E-Commerce Business To Business (B2B)

Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis di dalamnya dimana kedua belah pihak biasanya sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.

Biasanya jenis bisnis B2B dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi ini dilakukan karena diantara kedua belah pihak saling menguntungkan dan adanya kepercayaan satu sama lain.

Contoh dari bisnis B2B adalah dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli atau supply barang yang dilakukan melalui transaksi online dari internet, begitu juga dengan payment yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan menggunakan kredit card dari internet.

2# E-Commerce Business To Consumer (B2C)

Jenis E-Commerce B2C adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.

3# E-Commerce C2C

Jenis E-Commerce Consumen to Consumen dilakukan antara konsumen dengan konsumen, sebagai contoh pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada konsumsen lainnya.

4# E-Commerce Consumen to Business (C2B)

Jenis E-Commerce Consumen To Businses dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk ataupun jasanya, sebagai contoh konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen, yang kemudian produsen yang mengetahui permitnaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsument tersebut.

Manfaat E-Commerce

Beberapa manfaat E-Commerce dapat kita lihat seperti berikut ini.

1# Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen

2# Memperluas jangkauan calon konumsen dengan taget pasar yang tidak terbatas

3# Mempermudah pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.

4# Proses e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli.

5# Pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online.

6# Penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan

Keuntungan E-Commerce

Salah satu keuntungan E-Commerce yang paling jelas kita lihat adalah untuk menjual suatu produk ataupun jasa kita tidak perlu membutuhkan toko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh bisnis manual sebagai tempat usaha, tapi cukup dengan memanfaatkan internet maka kita bisa saja berjualan hanya dari rumah saja dengan calon konsumen yang tidak terbatas, dengan kata lain konsumen anda bisa saja mencakup keseluruh negara.

Dari segi komunikasi tentu juga akan sangat menguntungkan karena antara konsumen dan produsen dapat dengan mudah melakukan komunikasi secara online dari internet. Baik dari segi pemasaran barang tentu akan lebih menguntungkan jika dilakukan secara online, disamping anda tidak perlu membayar biaya promosi yang banyak seperti promosi manual, tapi dengan layanan internet anda bisa saja melakukan promosi produk ana ke seluruh dunia hanya dengan menggunakan internet yang tentunya biayanya sangat murah.

 Dampak Negatif E-Commerce

Disamping banyaknya keuntungan atau sisi positif dari penggunan e-commerce tentu e-commerce tak luput juga dari dampak negative yang bisa merugiakan konsumen atau produsen. Dibawah ini di jelaskan beberapa dampak negative e-commerce.

1# Sering terjadinya penipuan saat berbelanja online di internet antara konsumen dan penjual seperti barang yang dipesan konsumen telah dibayarkan melalui e-transfer tapi barang tersebut tak kunjung di kirim dan di terima oleh konsumsen, begitu juga sebaliknya terkadang terlalu percayanya pihak penjual dengan mengirimkan barang terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan setelah pengiriman maka pembayaran yang ditunggu-tunggu penjual kadang-kadang tidak diterima atau tidak dibayar.

2# Terjadinya scam atau penipuan dimana seseoarang bisa saja menjual barang secara virtual yang hanya berebentuk informasi saja yang sengaja dibuat utnuk menarik pihak pembeli, akan tetapi saat di lakukan pembelian dan transfer uang, barang tersebut tidak ada.

3# Terjadinya kejahatan seperti carding, kasus ini sudah banyak terjadi dimana seseorang menggunakan kartu kredit orang lain untuk beerbelanja di internet.

4# Kejahatan semakin marak terjadi yang biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki keahlian tinggi dalam ilmu komputer dan jaringan internet seperti penyebaran virus/malware yang sengaja dilakukan untuk merusak sistim, ini terjadi akibat kurangnya undang-undang tentang teknologi informasi.

Demikian ulasan Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce untuk kita ketahui agar penggunaan e-commerce dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang positif.

Sekian artikel Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Loading...
Share This -->

7 Comments

Add a Comment
  1. Terimakasih gan infonya sangat membantu sekali
    bertambah wawasan berkat artikel ini

  2. Artikelnya sgt brmnfaat bagi saya.Thanks

  3. Tulisan nya sangat membantu sekali dan mudah dipahami, bisa cek juga tulisan serupa saya
    Disini 😀 😀 Happy Sharing

  4. sorry gan ijin copas buat tugas ya 😀

    1. IzzalW oke gan, silahkan. 🙂

  5. lumayan membatu t
    terimakasih 🙂

  6. Terima kasih artikelnya, menjadi menambah wawasan bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015