patartambunan.com                                          

Loading...

Pengertian Firewall, Fungsi, Kegunaan Dan Cara Kerja Firewall

Loading...

Pengertian Firewall, Fungsi, Kegunaan Dan Cara Kerja Firewall ~ Berbicara mengenai keamanan pada jaringan komputer rasanya firewall merupakan sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Namun demikan banyak diantara kita yang masih kurang memahami apa itu firewall dan apa kegunaaan dari firewall tersebut.

Agar lebih jelas apa itu firewall dan apa kegunaan dari firewall tersebut dibawah ini akan dijelaskan secara singkat.

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall, Fungsi, Kegunaan Dan Cara Kerja Firewall

Sesuai dengan namannya wall artinya adalah sebuah dinding yang biasanya digunakan sebagai pelindung untuk membatasi. Nah dalam jaringan komputer hal itu pun berlaku firewall digunakan untuk melindungi sebuah komputer atau jaringan dari akses komputer luar yang tidak memiliki hak otoritas untuk mengakses komputer atau jaringan tersebut.

Mengingat jaringan komputer memungkinkan banyak orang untuk saling terhubung untuk dapat saling mengakses dan berbagi informasi maka disini sangat penting adanya sebuah rule atau pengaturan untuk mengamankan jaringan komputer.

Karena pada dasarnya pada sebuah komputer tertentu seperti perusahaan atau institusi lainnya banyak data-data yang penting yang bersifat privat yang tidak boleh sembarangan orang diperbolehkan mengaksesnya, maka tentu kita tidak ingin ada orang luar masuk menyusup untuk melihat data-data privat tersebut, disinilah firewall kita gunakan untuk membuat sebuah pembatas atau pertahanan melakukan filter komputer mana saja yang diperbolehkan melakukan akses dan mana yang seharusnya di blok dan user mana saja yang dianggap tidak aman.

Secara umum firewall dapat berupa perangkat lunak seperti program komputer atau aplikasi dan perangkat keras yang di rancang khusus untuk menjalankan program firewall.

Fungsi Firewall

Pada umumnya fungsi firewall adalah seperti berikut ini.

1# Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan.

2# Melakukan autentikasi terhadap akses jaringan.

3# Melindungi sumber daya dalam jaringan privat.

4# Mencatat atau merecord semua kejadian, dan membuat laporan kepada administrator.

5# Menerapkan suatu kebijakan sekuriti (security police).

6# Mencegah atau memblok suatu aktivitas yang dirasa mencurigakan oleh system.

Kegunaan Firewall

Seperti dijelaskan diatas firewall digunakan untuk melindungi jaringan komputer dari berbagai ancaman luar yang tidak berhak untuk dapat mengakses sistim, seperti cracker yang biasanya akan selalu mencoba mengambil keuntungan dari pihak lain dengan cara menyusup ke sebuah komputer dan melakukan aktivitas seperti mencuri data atau merusak sistim, jadi dengan menggunakan firewall masalah tersebut diharapkan dapat diatasi.

Cara Kerja Firewall

Pada dasarnya firewall merupakan dinding penghalang antara komputer anda (atau jaringan) dan Internet (pengguna luar). Firewall bisa saja hanya dibandingkan dengan seorang penjaga keamanan yang berdiri di pintu masuk rumah anda dan menyaring pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Dia mungkin mengizinkan beberapa pengunjung untuk masuk sementara menyangkal orang lain yang dia curigai sebagai penyusup.

Demikian juga firewall komputer adalah sebuah program perangkat lunak atau perangkat keras yang menyaring informasi (paket) yang datang melalui internet ke komputer pribadi anda atau jaringan komputer.

Firewall juga dapat memutuskan untuk mengizinkan atau memblokir lalu lintas jaringan antara perangkat berdasarkan aturan yang sudah dikonfigurasi atau ditentukan oleh administrator firewall.

Kebanyakan personal firewall seperti firewall yang sudah secara dedault ada di sistim operasi windows beroperasi pada seperangkat aturan pra-konfigurasi dan tentu saja ini cocok dalam keadaan normal sehingga pengguna tidak perlu khawatir banyak tentang konfigurasi firewall.

Demikianlah sekilas ulasan tentang firewall yang tentunya penting untuk kita ketahui khusunya jika kita hendak mengamankan komputer jaringan.

Dengan mengetahui dan menerapkan firewall tentu kita harapkan sebuah jaringan terlindungi dan aman dari penyusup atau cracker yang mencoba untuk memanfaatkan celah komputer atau jaringan  untuk kepentingan tertentu yang tentu saja dapat merugikan jika sampai penyusup yang datang dari luar berhasil mencuri data, mengubah, merusak dan lain sebagainya.

Sekian artikel Pengertian Firewall, Fungsi, Kegunaan Dan Cara Kerja Firewall terimakasih telah berkunjung dan membaca semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...
Share This -->

2 Comments

Add a Comment
  1. mkasih buat materinya

    1. Terimakasih kembali hesti.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015