patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Pengertian ISP dan Fungsi Layanan ISP

Pengertian ISP dan Fungsi Layanan ISP ~ Akhir akhir ini media sedang marak memberitakan kasus mantan Dirut Indosat Mega Media (IM2) yaitu Indar Atmanto yang kasusnya sampai tersandung hukum. Seperti diketahui IM2 merupakan salah satu penyedia ISP di Indonesia. Dari kemunculan kasus tersebut muncul berita bahwa internet Indonesia terancam mati total.

Namun apa hubungannya ya ISP dengan keberlangsungan internet? Nah untuk lebih jelasnya postingan kali ini akan menjelaskan apa itu ISP dan apa saja fungsi dari ISP tersebut.

Apa itu ISP

Pengertian ISP dan Fungsi Layanan ISP

ISP (Internet Service Provider) atau disebut juga Penyelenggara Jasa Internet (PJI) merupakan sebuah organisasi atau perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet baik untuk perseorangan ataupun korporat.

Pada awalnya ISP sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau akses  internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.

Dan pada saat ini dengan perkembangan teknologi, ISP telah berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan jaringan wireless yang tentunya semakin canggih dan cepat.

Apa saja fungsi ISP

1# ISP menyediakan layanan jaringan internet bagi pelanggannya sehingga dapat tersambung dan membuka halaman internet.

2# ISP berfungsi sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.

3# Menghubungkan komputer client ke gateway internet terdekat.

4# Menyediakan perangkat modem untuk melakukan sambungan dial-up.

5# Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).

6# Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).

7# Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.

8# Memberi tempat untuk homepage.

9# ISP juga dapat melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Jenis ISP

1# Dial-up Connection

Dial-up Connection merupakan koneksi ke internet yang bersifat sementara dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan hanya dikenakan biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke jaringan internet.

Untuk melakukan dial-up connection yang dibutuhkan adalah komputer/PC, modem, saluran telepon dan software yang disediakan ISP. Jenis koneksi ini umumnya digunakan oleh pengguna yang menginginkan mengakses internet dari rumah dan umumnya komputer yang digunakan adalah komputer tunggal. Contoh penyedia layanan ini adalah Telkomnet instant dari Telkom.

2# Dedicated Connection

Merupakan koneksi yang bersifat menetap artinya, terhubung ke internet selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan jumlah komputer dan karyawan yang banyak.

Untuk menekan biaya internet yang terlalu mahal maka perusahaan tersebut membuat sebuah LAN dan menghubungkan LAN tersebut ke internet melalui suatu ISP dengan menggunakan hanya 1 buah modem dan saluran telepon sewa yang online selama 24 jam.

Karena sistim ini mahal, biasanya ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya memberikan batasan jumlah yang boleh diupload atau didownload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut quota.

Contoh ISP

Perusahaan penyedia ISP di Indonesia pada saat ini sudah sangat banyak seperti Speedy, Telkomnet, Visionnet, IM2, Firstmedia, 3GNet, Biznet, link.net, bit.net, broadlink.net dan ISP lainnya. Jadi jika anda ingin berlangganan pilihlah ISP yang menurut anda terbaik dan harga berlanggannya juga cukup terjangkau.

Peranan ISP

Peranan ISP dalam keberlangsungan internet tentu saja sangat vital karena apabila anda ingin terhubung ke jaringan internet maka ke ISP inilah kita pertama harus mendaftar atau berlangganan sehingga kita dapat membuka halaman internet baik ke alamat lokal maupun ke luar negeri. Dengan kata lain ISP juga bisa dianggap sebagai pintu gerbang perantara antara pelanggan dengan jaringan internet.

Demikian ulasan Pengertian ISP dan Fungsi Layanan ISP untuk kita ketahui dalam jaringan internet.

Sekian dulu artikel Pengertian ISP dan Fungsi Layanan ISP semoga bermanfaat untuk anda.

Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015