patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Pengertian Proxy dan Kegunaan Proxy pada Jaringan Internet

Pengertian Proxy dan Kegunaan Proxy pada Jaringan Internet ~ Proxy merupakan sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request yang diminta oleh client untuk tersambung ke internet. Dengan kata lain proxy dapat dikatakan sebagai gateway yang menjembatani sebuah komputer ke web server.

Web server yang menerima request dari proxy server akan menterjemahkan request-request yang diberikan oleh proxy server tersebut seolah-olah request tersebut datang secara langsung dari komputer client atau bukan dari proxy server.

Belakangan ini penggunaan proxy server banyak dimanfaatkan di berbagai institusi untuk mengamankan jaringan lokal yang dihubungkan ke jaringan publik.

Ini disebabkan karena proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.

Pengertian Proxy dan Kegunaan Proxy pada Jaringan Internet

Kegunaan Proxy Server

Kegunaan Proxy adalah sebagai penyimpan cache yang direquest oleh komputer client ke internet public, sebagai contoh katakanlan salah satu client pada suatu jaringan membuka website www.yahoo.com nah pada proses permintaan tersebut akan melalui proxy terlebih dahulu, lalu proxy tersebut yang bertugas untuk meminta ke internet public, setelah proses transfering dari server yahoo.com ke proxy kita maka oleh proxy cache yahoo.com tersebut akan di simpan.

Jika suatu saat ada client yang membutuhkan atau merequest www.yahoo.com lagi maka si proxy tidak perlu repot-repot merequest ke server public milik yahoo.com karena cache dari www.yahoo.com sudah tersimpan di proxy dan dengan cepat proxy memberikan kepada client yang merequest tadi, apabila ada request yang belum tersimpan di proxy maka tugas proxy lah yang merequest ke server public milik www.yahoo.com begitu seterusnya.

Data dari chace tersebut akan disimpan ke dalam memori komputer proxy server seperti harddisk komputer, dengan demikian akan mempermudah dan mempercepat jika data yang sama di request oleh computer client.

Singkatnya proxy server bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server. Proxy biasanya menggunakan port 3128 atau 8080.

Keuntungan Menggunakan Proxy Server

1# Dengan adanya sistem chache yang digunakan oleh proxy maka tentu saja akan sangat menghemat pemakaian bandwith pada suatu jaringan.

2# Koneksi pada jaringan yang menggunakan proxy akan terasa lebih cepat karena apabila data yang pernah di requset kembali dibuka, maka dengan sangat cepat proxy dapat memberikan respons pad client tersebut.

3# Salah satu keuntungan menggunakan proxy dan sangat dibutuhkan pada perusahaan adalah kemampuan proxy yang dapat memblokir situs-situs yang tidak pantas untuk dikunjungi seperti situs porno dan lainnya. Dengan kata lain pengguna dapat melakukan filter terhadap situs yang mana yang perlu diblokir dan diizinkan untuk diakses oleh komputer client.

Demikian postingan Pengertian Proxy dan Kegunaan Proxy pada Jaringan Internet terimakasih sudah membaca semoga dapat membantu anda.

Share This -->

4 Comments

Add a Comment
  1. PELIT…………..

    1. MRX –> apanya yang pelit gan.. ^_^

  2. ijin mau saya coppas, caranya gimana?

    1. cag bagus@ boleh gan, tapi kasih link sumbernya ya. 🙂 silahkan tekan Ctrl + P dari keyboard anda dan copy paste sudah bisa di lakukan. semoga bisa membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015