patartambunan.com                                          

Pengertian Server Dan Client Server Jaringan Komputer

Pengertian Server Dan Client Server Jaringan Komputer ~ Sesuai dengan namanya server yang artinya pelayan merupakan sebuah komputer yang bertugas untuk melayani permintaan dari komputer client di jaringan komputer.

Server juga bertugas untuk mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat digunkan oleh komputer lain yang terhubung  di dalam jaringan.

Pengertian Server Dan Client Server Jaringan Komputer

Dalam lingkup jaringan, server dapat terdiri dari beberapa device seperti disk server, file server, database server dan masih banyak lagi.

Server akan bertugas menyediakan resource seperti sebuh aplikasi untuk dapat diakses oleh seluruh komputer client, sehingga pada saat komputer client merequest data maka komputer server akan meresfon permintaan tersebut dan kemudian akan mengatur pengiriman data pada client.

Dengan demikian komputer server dituntut harus mampu menyediakan resource yang memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari komputer client seperti kualitas memori hardisk yang harus besar agar bisa menampung file sharing dalam kapasitas besar untuk seluruh komputer client.

Penggunaan memori RAM juga dituntut harus tinggi karena dalam waktu yang bersamaan komputer server akan banyak menangani permintaan dari client, begitu juga dengan processor dan sistim operasi yang digunakan komputer server diharapkan memiliki performa yang tinggi dan handal agar dapat melayani semua permintaan dari komputer client dengan cepat dan akurat.

Dibawah ini saya berikan contoh gambar sfek dari sebuah komputer server yang digunakan untuk sebuah organisasi yang mana sfek software dan hardware yang digunakannya jauh lebih baik dari komputer client pada umumnya.

 sfek-komputer-server

 

Dari gambar sfek komputer server diatas boleh anda lihat mulai dari penggunan sistim operasi dengan  sistim 64 bit dan Processor Eight Core serta dukungan RAM yang sampai dengan 16 GB RAM, sfek komputer server tersebut tentu saja sengaja dirancang dengan memiliki kulitas dan performa tinggi untuk mampu menjawab semua kebutuhan pada jaringan tersebut agar cepat dan akurat, walaupun dari sisi ekonomis biaya untuk komputer server lebih mahal tapi dengan demikian akan sesuai juga dengan tugas yang diemban ole komputer server tersebut.

Server sendiri ada yang bersifat web server dan ada juga yang diletakkan hanya di lingkup jaringan lan.

Perbedaannya adalah web server dapat diakses melalui internet darimana saja sepanjang anda terhubung dengan jaringan internet, sebaliknya server yang dikhusukan untuk lingkup lan akan bisa diakses hanya pada lingkup jaringan tersebut. Pemakaian web server dan lokal server tentu saja dirancang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna sistim tersebut.

Client Server

Client server adalah suatu bentuk arsitektur jaringan komputer, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server merupakan perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel lan dan sebuah kartu jaringan atau NIC (Network interface card). Tentu saja jaringan komputer tidak hanya menggunakan kabel utp sebagai jalur komunikasnya, penggunaan jaringan tanpa kabel atau wireless pun dudah banyak digunakan.

Berikut kelebihan dan kekuranggan menggunakan arsitektur Client-server:

Kelebihan Client-Server

1# Dilihat dari segi kecepatan tipe jaringan client-server memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi, dikarenakan server tidak dibebani sebagai workstation.

2# Dari segi backup, tipe jaringan ini memiliki sistem backup dan keamanan yang lebih baik, dikarenakan backup dilakukan terpusat pada server, dengan demikian tentu saja backup lebih mudah dilakukan karena data hanya tersimpan di pusat server.

3# Dari segi keamanan dan administrasi, tipe jaringan ini lebih baik, dikarenakan hanya ada satu pemakai saja yang bertugas sebagai Administrator yang mengatur sistim keamanan dan administrasi dalam jaringan.

Kekurangan Client-Server

1# Segala jenis hubungan antara server dan workstation tergantung seluruhnya kepada server, jadi jika server mengalami gangguan maka seluruh jaringan akan terganggu, inilah masalah utama yang harus selalu dijaga dan diawasi oleh administrator pada jaringan dengan arsitektur client-server, jangan sampai komputer server mengalami down yang akan menyebabkan seluruh komputer client juga tidak bisa mengakses komputer server tersebut.

Dalam lingkup jaringan yang di khusukan untuk transaksi bisnis hal ini menjadi perhatian utama para administrator.

2# Biaya operasional dalam arsitektur client-server yang mahal.

3# Seperti telah disinggung diatas komputer server memerlukan kemampuan yang sangat baik yang akan dijadikan sebagai server.

Demikian ulasan Pengertian Server Dan Client Server Jaringan Komputer yang perlu untuk kita pahami pada jaringan komputer.

Sekian artikel Pengertian Server Dan Client Server Jaringan Komputer terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk anda.

Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. sy hobby main poker,knp klu sy mau buka permainan poker, sering ada masalah,ngak bisa main/di tolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015