patartambunan.com                                          

Mengenal Web Hosting Dan Domain Name

Mengenal Web Hosting Dan Domain Name ~ Artikel kali ini kita akan mengulas apa itu Domain dan Hosting, berikut anda dapat baca tutorial singkatnya mengenai hosting dan domain tersebut.

Mengenal Web Hosting Dan Domain Name

1# Domain Name

Domain name adalah nama unik yang mewakili suatu alamat website sebagai identitas alamat website tersebut. Domain name atau nama domain tersebut selalu terletak setelah tanda “http://” dan biasanya nama domain setelah tanda tersebut ada yang di awali dengan tanda “www.” dan ada yang tanpa “www.” dan kemudian berakhiran extension seperti .com, .id, .web.id, dan lain-lain sebagai alamat website.

Sebagai contoh alamat website misalnya http://www.yahoo.com yang menjadi nama domain alamat tersebut adalah yahoo. Jadi lebih mudahnya untuk di ingat domain name adalah nama dari sebuah alamat website. Domain name akan berfungsi untuk mengidentifikasi alamat IP atau IP address komputer server di internet.

Domain akan memberikan kemudahan kepada pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan juga memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Addres.

Sebagai contoh jika anda mengunjung www.google.com maka alamat website tersebut sama dengan alamat IP address google 74.125.237.210 bila anda memasukkaan IP Address tersebut di address bar browser anda maka www.google.com akan terbuka, lihat gambar berikut ini.

Mengenal Domain Name

 

Jadi lebih mudah bukan jika anda hanya mengingat  www.google. com sebagai alamat websitenya goolge daripada harus mengingatnya dengan alamat ip address 74.125.237.210

Beberapa level domain dijelaskan seperti berikut ini.

a. Top Level Domain

Top Level Domain merupakan deretan kata dibelakang nama domain atau extension seperti:
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

b. Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain merupakan nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

c. Third Level Domain

Third Level Domain merupakan nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

2# Web Hosting

Hosting berasal dari kata host yang jika pada komputer host artinya lokasi penyimpanan. Nah, sekarang kita mengambil kesimpulan saja apa arti web hosting itu. Web hosting adalah lokasi penyimpanan file di web atau internet dan file tersebut adalah khusus untuk file-file website.

Hosting sendiri adalah layaknya PC atau server yang wajib menyala 24 jam non stop. Karena jika hosting mati, maka secara otomatis semua domain yang di-hosting tidak akan bisa diakses. Oleh karena itu jika kita berbisnis secara online maka pilihlah server yang berkualitas dan tidak sekedar murah.

Server yang baik rata-rata memiliki uptime 99%. atau dalam satu bulan dapat hidup sekitar 715 jam. Biasanya setiap hosting sudah menampilkan up time nya di halaman depan layanan mereka.

Demikian ulasan Mengenal Web Hosting Dan Domain Name untuk kita ketahui untuk mempermudah kita mengingat dan memahami hosting dan domain di internet.

Sekian artikel Mengenal Web Hosting Dan Domain Name terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. IMM INI SANGANT BAIK DIGUNAKAN UNTUK MENDOWNLOAD DATA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015