patartambunan.com                                          

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing

Penyebab laptop lemot saat browsing – Mendapati laptop terasa lemot pada saat browsing itu menyakitkan. Terutama bila kamu sedang mencari informasi yang teramat penting. Hal ini seakan-akan menjadi salah satu kejadian paling menyebalkan yang pernah kamu alami.

Mengenai laptop lemot saat browsing, sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Paling tidak, ada 5 hal yang menyebabkan kenapa laptop bisa sangat lambat ketika digunakan untuk browsing.

Salah satunya soal RAM. Semakin besar RAM pada sebuah laptop, maka semakin besar pula peluang kecepatan yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin kecil RAM laptop, maka tingkat kecepatannya akan semakin melambat. Selain RAM, ada beberapa hal yang menjadi penyebab laptop lemot saat browsing, yaitu:

Kapasitas RAM

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kapasitas RAM memiliki andil pada seberapa cepat akses browsing di laptop. Apabila saat ini RAM komputermu memiliki kapasitas yang kecil, maka itulah penyebab laptop lemot saat browsing. So, ada baiknya kamu segera mengupgrade kapasitas RAM.

Ketika kamu memperbesar RAM laptop, pastikan kamu memilih jenis RAM yang memang sesuai dengan RAM yang ada di laptopmu. Jangan mudah tergiur dengan kapasitas besar dan harga murah. Yang kamu butuhkan saat ini, yaitu RAM dengan performa tinggi. Untuk mendapatkan performa tinggi itu, umumnya harus menggunakan RAM dengan kapasitas yang lebih besar dibanding sebelumnya.

Kebersihan Komputer

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing

Bukan hanya ruang saja yang bisa bermasalah dengan kebersihan, komputerpun amat sangat sensitif dengan yang namanya kebersihan. Komputer yang jarang dibersihkan akan menyebabkan kinerjanya menjadi lambat. Dan, benar pula bila ada diagnosis ang mengungkapkan jikalau penyebab laptop lemot saat browsing adalah hal ini.

Agar hal ini tidak menimpamu, maka ada baiknya kamu membersihkan laptop setiap 1bulan sekali. Minimal kamu melakukannya dengan rentang waktu seperti demikian. Rutinitas sedemikian rupa difungsikan guna menghindarkan komputer terjangkiti debu yang melekat dan menumpuk sehingga bisa aktifitas komponen di dalamya.

Terlalu Banyak Tab Terbuka

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing

Selain kedua hal teknis yang dijeaskan sebelumnya, terlalu banyak membuka tab pun nyatanya memiliki anddil besar pada aspek kecepatan brosing sebuah komputer. Kebanyakan pengguna laptop sering melakukan hal ini. Oleh sebab itu, ada baiknya mulai saat ini kurangi kebiasaanmu membuka tab terlalu banyak.

Baca juga: Cara Agar Laptop Tidak Lemot Untuk Windows 7

Alasan kenapa membuka terlalu banyak tab berpengaruh pada kecepatan browsng, yaitu semakin banyak kamu membuka tab browser, maka akan semakin banyak pula kapasitas RAM yang termakan olehnya. Sehingga, kecepatan browser pun semakin lama, semakin melambat.

Terlalu Banyak Aplikasi Aktif

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing

Apabila sebelumnya terlalu banyak membuka tab browser, kali ini penyebab laptop lemot saat browsing yaitu kegemaranmu mengaktifkan berbagai aplikasi secara bersamaan. Hasilnya, ketika kamu melakukan aktivitas browsing, kecepatan menjadi melambat.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Sama halnya ketika kamu membuka terlalu banyak tab, terlalu banyak aplikasi yang aktif secara bersamaan menyebabkan RAM komputer berkurang. Dia harus membagi kapasitas antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Sehingga, apabila dibiarkan terus-menerus, maka aktivitas browsing yang kamu kamu lakukan menjadi terganggu.

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing: Video Internet

Penyebab Laptop Lemot Saat Browsing

Memang menghibur sekali. Namun, tahu kah kamu? Menonton video secara streaming akan banyak memakan kapasitas RAM. Hal ini menjadi penyebab laptop lemot saat browsing. Kebanyakan pengguna komputer sebenarnya sudah mengetahui hal ini. Namun, hal itu dilupakan begitu saja.

Apalagi bila ternyata kamu membuka banyak video, sudah bisa dipastikan kinerja browserpun jelas akan melambat secara signifikan. Semakin banyak video yang kamu tonton, maka semakin banyak pula kapasitas memori RAM komputer termakan.

Share This -->
Updated: 20/09/2016 — 12:42 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015