patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Penyebab Server Hosting Down

Penyebab Server Hosting Down ~ Menggunakan server hosting untuk sebuah blog/website sudah merupakan kewajiban entah itu hosting gratis atau dengan layanan berbayar.

Hosting di gunakan untuk menyimpan file yang kita gunakan di internet. Walaupun ada banyak penyedia layanan hosting gratis seperti blogspot atau  wordpress, tak sedikit orang yang menyewa layanan hosting berbayar agar blog/website bisa di kelola lebih leluasa dan professional.

Menggunakan layanan hosting berbayar, biasanya ada beberapa kekurangan seperti sering terjadinya server down yang mengakibatkan blog/situs tidak bisa di buka.

Penyebab Server Hosting Down

Baik, langsung ke topik artikel berikut beberapa penyebab server hosting down.

1. Server over load, trafik tinggi (high traffic)

Hal paling umum mengapa server shared hosting down adalah trafik yang terlalu tinggi. Mengingat shared hosting di gunakan bersama dengan ratusan domain lainnya, maka bisa di tebak saat visitor blog khususnya siang hari banyak mengakses server akan terjadi slow respond, kemungkinan error atau total down tidak bisa di akses.

2. Data center penyedia server hosting down

Ada banyak proses yang terjadi pada server hosting tanpa kita ketahui, yang melakukannya tentu saja pengelola penyedia hosting.

Misalnya saja proses backup data yang di lakukan rutin setiap hari, sinkronisasi server dengan data center dan sebagainya.

Dalam proses ini seringkali mempengaruhi kinerja server, walaupun pihak pengelola telah membuat schedule backup pada waktu tertentu, tetap saja bisa membuat server down, belum lagi jika ada kesalahan teknis pada data center.

3. Server gagal operasi

Server hosting down bisa terjadi karena adanya gagal operasi, seperti terjadinya kesalahan pada sistim operasi server, database, sampai kegagalan pada perangkat keras server.

Note: Sebelum memvonis server hosting down, ada beberapa penyebab yang harus kita ketahui mengapa blog/website tidak bisa di buka.

Berikut beberapa penyebab mengapa blog/website tidak bisa di akes.

1. IP anda di blokir firewall server

Masalah ip  di blokir server sering terjadi, inilah yang membuat blog/website anda tidak bisa dibuka dari komputer anda, namun menggunakan komputer lain dengan ip berbeda ternyata bisa di akses.

Terblokirnya ip secara otomatis oleh firewall server kemungikan di sebabkan tingginya akses ke server, sehingga server menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos, ini terjadi kemungkinan karena penggunaan ip dinamis/shared yang di gunakan banyak orang.

Untuk mengatasinya, anda boleh langsung menghubungi pihak penyedia hosting dan meminta melepaskan ip yang terblokir di firewall server.

2. Kesalahan pada DNS

Blog/situs tidak bisa di akses, tidak selamanya disebabkan kesalahan pada pihak penyedia hosting. DNS (Domain Name Server) juga bisa menjadi penyebab.

Untuk mengatasinya, anda bisa coba mengganti DNS default penyedia ISP ke DNS yang lebih cepat. Misalanya menggunakan DNS google.

DNS Google

Primary: 8.8.8.8

Secondary: 8.8.4.4

Semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini.

Share This -->

1 Comment

Add a Comment
  1. wah ternyata ada beberapa hal yg buat hosting down..blog saya juga sering down karena hosting yg sedang bermasalah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015