patartambunan.com                                          

Pasang Iklan Online Betting

Topologi Jaringan Komputer Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Topologi Jaringan Komputer Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Topologi jaringan komputer merupakan suatu cara atau tehnik untuk menguhubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan yang dapat saling berhubungan, berkomunikasi, berbagai resource baik itu printer, hardisk, file sharing, memori, aplikasi dan lain sebagainya.

Dalam membangun insfratruktur jaringan komputer ada berbagai topologi jaringan yang bisa diterapkan yang tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dari pemakainya, karena bagaimanapun juga setiap jenis topologi jaringan komputer mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri dan dari  segi biaya tentu juga akan berbeda satu sama lain.

Oke, langsung saja dibawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa jenis topologi jaringan komputer.

1.Topologi Bus

topologi-bus

Topologi Bus merupakan topologi yang pertama kali digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan komputer. Untuk mentrasmisikan antar komputer topologi jenis yang satu ini hanya menggunakan satu kabel tunggal yang panjang.

Kabel yang digunakan sebagai penghubung dalam topologi bus adalah kabel coaxial yang dilengkapi dengan beberapa konektor atau terminal. Untuk saat ini penggunaan topologi bus sudah jarang digunakan, hal ini tak lain karena kelemahan atau kekurangan yang terdapat pada topologi bus. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari topologi bus.

Kelebihan

-Mudah dalam hal pembuatannya.

-Lebih hemat karena penggunaan kabel lebih sedikit dan biaya pemasangan juga lebih ekonkomis karena sangat mudah dan sederhana.

Kekurangan
Jaringan menjadi tidak stabil karena apabila satu komputer mengalami gangguan maka komputer yang lainnya juga akan mengalami down pada jaringan.

-Sulit untuk mendeteksi kesalahan pada jaringan.

-Traffic atau lalu lintas di jaringan menjadi begitu tinggi dan sibuk sehingga akan memperlambat jaringan dalam hal transmisi data ataupun pengaksesan antar komputer.

2.Topologi Ring/Cincin

topologi-ring

Dari nama topologinya mungin anda juga sudah boleh menebak bentuk dari jaringan ini bukan? Ya, topologi ring atau cincin merupakan jaringan yang membentuk cincin atau ring untuk saling berkomunikasi.

Topologi ring akan membentuk formasi lingakaran dan untuk berkomunikasi akan menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer dalam menerima data, sebagai contoh jika komputer A hendak mengirim data ke komptuer D maka pertama data yang dikirimkan oleh komputer A akan melewati komputer B dan seterusnya melewati komputer C juga.

Dengan kata lain pengiriman data akan melewati komputer lainnya sampai alamat atau ip address yang dituju ditemukan.

Kelebihan

Kelebihan dari jenis topologi bus adalah sangat mudah untuk mendeteksi apabila terjadi gangguan, dan lebih mudah untuk menambah atau mengurangi komputer dalam jaringan, dengan kata lain instalasi lebih mudah dilakukan serta dari sisi tingkat keamanan data dinilai lebih tinggi.

Kekurangan

Memerlukan biaya yang lebih mahal dalam hal pemasangan karena membutuhkan kabel yang lebih banyak jika dibandingkan dengan topologi bus dan juga membutuhkan switch/hub yang jumlahnya tergantung dari banyaknya komputer yang digunakan. Berikutnya yang menjadi kelemahan dari topologi ini adalah jika satu switch atau hub mengalami gangguanmaka seluruh jaringan akan mengalami gangguan juga.

3.Topologi Tree

topologi-tree

Berikutnya topologi tree merupakan hasil pengembangan dari topologi star dan topologi bus yang terdiri dari beberapa topologi star dan dihubungkan ke satu topologi bus. Topologi jenis tree biasanya disebut juga topologi jaringan bertingkat dimana semakin tinggi kedudukannya maka semakin tinggi juga hirarkinya dan dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

Topologi jaringan jenis tree dinilai menjadi yang paling ideal digunakan dalam jaringan komputer.

Kelebihan

Kelebihan dari topologi tree adalah mudah untuk menemukan kesalahan jika terjadi, dan mudah juga untuk melakukan perubahan jaringan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kekurangan

Adapaun kekurangan dari topologi tree adalah harus menggunakan lebih banyak kabel, dan sering terjadinya tabrakan dan jaringan menjadi lambat, berikutnya jika terjadi kesalahan jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah juga akan terganggu.

4.Topologi Star

topologi-star

Topologi star merupakan topologi yang membentuk bintang karena semua komputer yang berada dalam jaringan akan dihubungkan ke sebuah hub atau switch dengan menggunakan kabel UTP, jadi jika satu komputer mengirimkan data ke komputer lainnya maka data tersebut akan terlebih dahulu melewati port yang ada pada hub atau switch, dan kemudian akan dikirimkan ke alamat yang ditujukan.

Kelebihan

Kelebihan dari topologi ini adalah sangat mudah untuk mendeteksi komputer yang mengalami gangguan dan mudah juga untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer jika diperlukan.

Kekurangan

Kekurangan dari topologi ini adalah memerlukan biaya yang lebih tinggi untuk pemasangan, karena akan membutuhkan kabel UTP yang lebih banyak dan juga hub/switch, berikutnya kestabilan jaringan akan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika terminal switch mengalami gangguan maka seluruh komputer jaringan juga akan mengalami gangguan juga.

 5.Topologi Mesh

topologi-mesh

Topologi mesh merupakan topologi dimana setiap komputer terhubung melalui kabel tunggal tanpa memerlukan hub/switch. Komputer dalam jaringan topologi mesh akan saling terhubung secara mutlak ke setiap titik perangkat lainnya.

Kelebihan

Data akan di direct atau langsung dikirimkan ke alamat tujuan tanpa melalui perantara.

-Dalam hal proses, waktu yang dibutuhkan lebih cepat untuk mengirimkan data.

-Jika satu titik mengalami gangguan maka titik lainnya tidak akan terganggu.

Kekurangan

-Biaya pemasangan lebih mahal karena menggunakan kabel yang lebih banyak.

-Instalasi lebih sulit dan rumit dilakukan.

-Membutuhkan banyak port I/O atau kabel koneksi untuk dapat terhubung antar komputer.

Demikian dulu artikel untuk Topologi Jaringan Komputer Yang Harus Kita Ketahui terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini Berbagai Jenis-Jenis Jaringan Komputer





Share This -->

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Trik Komputer Gratis © 2015